Tim SAR Temukan Satu Korban Terkubur Longsor Ponorogo

Kondisi rumah warga diterjang longsor di Desa Banaran, Ponorogo, Jatim, Sabtu, 1 April 2017.
Sumber :
  • BNPB

VIVA.co.id – Tim pencari dan penyelamat atau SAR gabungan telah menemukan satu korban terkubur di bencana tanah longsor Desa Banaran, Kecamatan Pulung, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur. Korban ditemukan dalam kondisi meninggal dunia. 

BNPB: 30 Warga Sumbar Meninggal Akibat Banjir dan Tanah Longsor, 6 Hilang

Menurut Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugoroho, dengan ditemukannya satu korban, diperkirakan masih ada 26 korban lagi yang masih terkubur di bawah material longsor.

Menurut Sutopo dalam siaran tertulisnya, pencarian korban tidak mudah, karena material longsor memanjang dari bukit yang longsor hingga ke pemukiman warga dengan jarak 800 meter.

Banjir Bandang-Tanah Longsor Terjang Sumbawa, Puluhan Rumah Warga Terendam

Bahkan, ketebalan material mencapai 20 meter. "23 rumah terdampak oleh longsor, ada yang tertimbun, rusak berat dan sebagian rusak," kata Sutopo, Sabtu, 1 April 2017.

Data terbaru yang dirilis BNPB, longsor terjadi pukul 08.00 WIB, sebelumnya disebut terjadi pukul 06.00 WIB. Dan ketinggian tebing yang mengalami longsor mencapai 100 meter.

Kawasan ASEAN Dilanda 36 Bencana Minggu Lalu, Indonesia dan Malaysia Paling Terdampak
Ilustrasi longsor

Viral Detik-detik Pria Selamat dari Timbunan Tanah Longsor, Telat Sedikit Nyawa Tak Tertolong

Tanah longsor yang terjadi tersebut kemudian terlihat merobohkan lereng, menghancurkan segala sesuatu yang dilaluinya termasuk pepohonan hingga ruas jalan yang baru saja

img_title
VIVA.co.id
2 April 2024