TUTUP
TUTUP
METRO

Sekjen FUI Ditahan 20 Hari

Dia ditahan di Markas Brimob, Depok.
Sekjen FUI Ditahan 20 Hari
Sekjen Forum Umat Islam, KH Muhammad Al Khaththath. (Danar Dono - VIVA.co.id)

VIVA.co.id - Penyidik kepolisian Polda Metro Jaya telah melakukan pemeriksaan kepada Sekretaris Jenderal Forum Umat Islam, Muhammad Al Khaththath, selama lebih kurang 24 jam. Dari hasil pemeriksaan tersebut, penyidik memutuskan untuk menerbitkan surat perintah penahanan terhadap Al Khaththath.

"Alasan dilakukan penahanan, pertama ditakutkan untuk melarikan diri, menghilangkan barang bukti, dan mengulangi perbuatannya. Dan penahanan dilakukan selama 20 hari," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Raden Prabowo Argo Yuwono, di Polda Metro Jaya, Jakarta, Sabtu 1 April 2017

Argo juga mengatakan saat ini, Al Khaththath belum dapat dikatakan kooperatif. Alasannya, sejauh ini Al Khaththath baru menjalani sekali pemeriksaan. Bahkan menurut Argo, Al Khaththath juga menolak untuk menandatangani surat penahanan.

"Baru sekali diperiksa. Dia gak mau tanda tangan (surat penahanan) toh. Tapi tidak tanda tangan pun tak masalah. Nanti kita buatkan berita acara penolakan tanda tangan," ujarnya.

Selain itu, Argo juga enggan untuk menyamakan Al Khaththath dengan tahanan kasus makar lainnya yang ditahan dalam waktu yang cukup lama. Salah satunya Sri Bintang Pamungkas yang ditahan lebih dari 20 hari.

"Saya tak bisa mengandai-andai ya. Artinya nanti akan seperti ini, ya tak bisa. Kita ikuti saja perkembangannya seperti apa," katanya.

Polisi menangkap Khaththath dan empat orang lainnya pada Jumat 31 Maret, tepat menjelang aksi damai 313. Khaththath dan penggerak aksi 313 itu ditangkap dengan dugaan makar.

Keempat nama itu yakni Zainudin Arsyad, Irwansyah, Dikho Nugraha dan Andre. Zainudin diketahui bagian dari Gerakan Mahasiswa Pelajar Bela Bangsa dan Rakyat (GMPBBR).

Sementara, Irwansyah merupakan Wakil koordinator lapangan aksi 313. Dikho dan Andre diketahui bagian dari Forum Syuhada Indonesia (FSI). Mereka kemudian ditahan di Mako Brimob Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat.

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP