Tim Ahok-Djarot: Honor Ketua KPU Terkait Narasumber Acara

Ketua KPU DKI Jakarta, Sumarno.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Reza Fajri

VIVA.co.id – Tim pemenangan petahana Basuki Tjahaja Purnama (Ahok)-Djarot Saiful Hidayat menyatakan honor kepada Ketua KPUD DKI Sumarno dan Ketua Bawaslu Mimah Susanti sebagai hal yang lumrah. Honor ini dianggap wajar karena status Sumarno sebagai narasumber sosialisasi penyelenggara pemilu dalam tahapan Pilkada DKI.

Sinyal Anies Maju Pilkada DKI 2024, PKS: Kalau Memang Cocok, Why Not?

"Memberikan honor kepada narasumber kan memang sudah biasa kan. Kita perlu memperhatikan dan menghargai kerja mereka yang telah datang dan memberikan informasi dan pengetahuan tentang peraturan perundang-undangan yang berlaku," kata Sekretaris Tim Pemenangan, Ace Hasan Syadzily, saat dikonfirmasi wartawan, Kamis 30 Maret 2017.

Ace menjelaskan meski rapat internal, namun yang dibahas terkait sosialisasi KPU dan Bawaslu dalam putaran dua Pilkada DKI. Hal tersebut menurutnya bukan sebagai bentuk tindakan suap dan mengganggu netralitas menjelang Pilkada DKI.

Ogah Usung Anies di Pilgub Jakarta, Gerindra: Kita Punya Jagoan Lebih Muda dan Fresh

Dia menekankan. honor selalu disiapkan tim pemenangan jika tim pemenangan menghadirkan narasumber untuk kegiatan tertentu.

"Acara-acara yang terkait dengan melibatkan pihak luar, dengan Tim Pemenangan, parpol pendukung dan relawan, kita menghargai mereka," lanjut politisi Golkar itu.

Gerindra Siapkan Kader Internal yang Potensial Menang di Pilkada Jakarta

Sebelumnya, Ketua KPU DKI Jakarta Sumarno dan Ketua Bawaslu Mimah Susanti membenarkan bahwa keduanya menerima honor sebesar Rp 3 juta dari tim pemenangan Ahok - Djarot. Honor itu diberikan karena hadir sebagai narasumber saat diundang dalam rapat internal tim petahana di Jakarta, 9 Maret 2017 lalu.

Hal itu dikatakan Sumarno saat sidang dugaan pelanggaran kode etik yang digelar oleh Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) di Kompleks Parlemen, hari ini.

"Memang pada saat itu kami terima honor juga. Kami serahkan kepada driver katanya untuk dibagi dengan perbaikan ruang OB (office boy)," kata Sumarno.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya