16 KA Jarak Jauh Bisa Berangkat dari Jatinegara Jumat Esok

Suasana di Stasiun Jatinegara, Jakarta Timur.
Sumber :
  • Yasin Fadilah

VIVA.co.id – PT Kereta Api Indonesia Daop 1 Jakarta akan melakukan rekayasa pola operasi Kereta Api pada hari Jumat, 31 Maret 2017. Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi kemacetan yang mungkin terjadi akibat pengalihan arus lalu lintas menuju stasiun Gambir dikarenakan adanya rencana “Aksi 313”, yang bisa berimbas pada terhambatnya perjalanan calon penumpang KA yang akan naik dari Stasiun Gambir.

BRI Jalin Sinergi dengan KAI dan dalam Fasilitas Notional Pooling

Senior Manager Humas PT KAI Daop 1 Jakarta, Suprapto, mengungkapkan rekayasa pola operasi tersebut dilakukan pada 16 KA yang berangkat dari Stasiun Gambir yang pada hari itu akan Berhenti Luar Biasa (BLB) di Stasiun Jatinegara.

"Jadi bagi penumpang KA yang kesulitan untuk menuju akses masuk ke Gambir bisa mencari alternatif dengan naik dari Stasiun Jatinegara. Jika biasanya KA keberangkatan Stasiun Gambir tidak berhenti di Stasiun Jatinegara, khusus 31 maret 2017 akan berhenti di Stasiun Jatinegara. Hal ini demi memudahkan pelayanan penumpang," kata Suprapto dalam keterangan tertulisnya, Kamis 30 Maret 2017.

Lewat Aplikasi Ini, KAI Kini Antar Jemput Penumpang Sampai Rumah

Ia menjelaskan, operasi rekayasa lalulintas KA ini berlaku mulai dari keberangkatan KA 22 (Argo Parahyangan) keberangkatan pukul 08.30 WIB sampai dengan KA 28 (Argo Parahyangan) keberangkatan pukul 18.15. Total ada 16 KA yang akan direkayasa dalam pola operasinya.

 "Ke-16 KA itu, akan tetap berangkat dari Gambir sesuai jadwal, namun ada penyesuaian pola operasi, di mana di Stasiun Jatinegara akan berhenti guna menaikkan penumpang," tutur Suprapto.

Puncak Arus Balik Libur Panjang Penumpang Kereta Api Diprediksi Besok

Ia menambahkan, bagi para penumpang yang sudah memiliki tiket atau kode booking KA pada jam keberangkatan tersebut dapat naik dari Stasiun Jatinegara. "Kita juga menyiagakan petugas untuk membantu pelayanan penumpang di sana," tuturnya.

Sementara itu, Suprapto juga mengatakan bahwa pihaknya mengimbau para penumpang untuk mengantisipasi dan memperkirakan waktu keberangkatan KA-nya, sehingga tidak tertinggal. "Pastikan selalu nama yang tertera pada tiket atau kode booking sesuai dengan nama yang tertera pada kartu identitas," kata Suprapto.

Berikut daftar KA yang berangkat dari Stasiun Gambir dan berhenti luar biasa (blb) di Stasiun Jatinegara :

   - KA 22 (Argo Parahyangan)
   - KA 52 (Taksaka)
   - KA 64A (Tegal Bahari)
   - KA 2 (Argo Bromo Anggrek Pagi)
   - KA 16A (Argo Jati)
   - KA 24 (Argo Parahyangan)  
   - KA 66A (Tegal Bahari)
   - KA 68A (Cirebon Ekspress)
   - KA 34 (Argo Parahyangan)
   - KA 56 (Bangunkarta)
   - KA 26 (Argo Parahyangan)
   - KA 12 (Argo Sindoro)
   - KA 44 (Bima)
   - KA 18 (Argo Jati)
   - KA 42 (Gajayana)
   - KA 28 (Argo Parahyangan).

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya