Arti Tepukan Tangan Warga Pulau Seribu Usai Ahok Pidato

Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok di ruang sidang PN Jakarta Utara.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/POOL/Irwan Rismawan

VIVA.co.id – Ahli Psikologi Sosial yang juga Direktur Pusat Kajian Representasi Sosial dan Laboratorium Psikologi Sosial Eropa, Risa Permana Deli, mengungkapkan arti tepukan tangan warga ke Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, memiliki makna bahwa, warga menerima pidato yang disampaikan itu dengan baik.

TikToker Galih Loss Resmi Ditahan, Terancam Hukuman Penjara 6 Tahun

"Tepuk tangan representasi konektivitas apa yang disampaikan Pak Gubernur kepada rakyat. Jadi apa yang dibicarakan pak Ahok diterima di Kepulauan Seribu," kata Risa saat bersaksi di persidangan ke-16 perkara penodaan agama di PN Jakarta Utara, Rabu, 29 Maret 2017.

Tepuk tangan, menurut Risa, memiliki simbol hubungan erat antara Ahok dan warga. Hal tersebut juga dapat dilihat dari tidak adanya penolakan, usai Ahok berpidato di wilayah Pulau Pramuka, Kabupaten Kepulauan Seribu.

Usai Ditangkap Polisi, TikToker Galih Loss Minta Maaf, Janji Tak Buat Konten Serupa

"Ada tethering antara masyarakat dengan Ahok. Walau sebenarnya warga tidak paham. Kita perlu tahu sisi sosial Kepulauan Seribu yang selama ini diperspektfikan jadi masyarakat terpinggirkan," ujarnya.

Kedatangan Ahok, punya arti tersendiri bagi warga Kepulauan Seribu. Adanya psikologis seperti itu, dikarenakan Ahok datang sebagai Gubernur DKI kepada warga.

Kombes Wira Blak-blakan Kapan Panggil Pendeta Gilbert soal Kasus Penistaan Agama

"Jadi mereka (warga Kepulauan Seribu) sedang berterimakasih kepada Gubernur karena bersedia mengenali kehidupan masyarakat di Kepulauan Seribu," kata Risa. (adi)

Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya Kombes Ade Safri Simanjuntak

Polisi Ungkap Motif TikToker Galih Loss Buat Konten Diduga Menistakan Agama

TikToker Galih Loss ditangkap polisi buntut kontennya yang diduga menistakan agama.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024