FPI Pastikan Ikut Unjuk Rasa 313 Penjarakan Ahok

Ilustrasi/Anggota Front Pembela Islam (FPI).
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ikhwan Yanuar

VIVA.co.id – Massa Forum Umat Islam atau FUI akan melakukan aksi unjuk rasa 31 Maret atau 313. Aksi ini disebutkan bakal melibatkan beberapa ormas Islam dan para ulama. Tuntutannya, meminta Gubernur nonaktif Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok dicopot dari jabatan sebagai Gubernur DKI Jakarta dan dipenjarakan. Sementara Ahok pada saat ini sedang nonaktif karena menjalani masa kampanye putaran kedua Pilkada DKI.

M Kece Dituntut 10 Tahun Penjara

Sekjen Dewan Syuro DPD Front Pembela Islam (FPI) DKI Jakarta, Novel Bamukmin memastikan bahwa FPI akan ikut bersama FUI pada aksi 313 mendatang. Dia menjelaskan aksi ini akan sama seperti aksi 411 dengan cakupan massa yang luas.

"Kemungkinan akan sama seperti aksi 411 karena kita salat Jumat di Masjid Istiqlal. Insya Allah dari seluruh Indonesia turun," kata Novel melalui pesan elektronik, Rabu 29 Maret 2017.

Marak Kasus Penistaan Agama di Pakistan, Perempuan Muda Divonis Mati

Dijelaskan Novel, aksi 313 ini merupakan aksi yang akan berlangsung damai. Aksi ini juga didukung oleh FPI dari beberapa daerah.

"Aksi ini sama seperti aksi-aksi sebelumnya yaitu aksi super damai. Umat Islam DKI sudah siapkan penginapan serta konsumsi," kata Novel lagi.

Ferdinand Hutahaean Tulis Surat Permohonan Maaf dari Penjara

Beberapa hari terakhir, aksi 313 mengemuka di publik. Namun Polri menyatakan belum menerima surat pemberitahuan secara formal terkait aksi 313 itu. Meski demikian, diakui sudah ada komunikasi antara koordinator lapangan (korlap) aksi 313 dengan pihak Kepolisian.

FUI rencananya menggelar aksi 313 yang dimulai dengan salat Jumat di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat dan melakukan longmarch ke Istana Merdeka.

Di depan Istana Merdeka, massa akan menyampaikan aspirasinya. Tuntutan aksi ini masih sama seperti aksi-aksi sebelumnya. Mereka meminta Presiden Jokowi memberhentikan Gubernur DKI nonaktif Ahok yang kini berstatus terdakwa kasus penodaan agama.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya