Nostalgia Anies dengan Nasi Lengko Cirebon

Anies bernostalgia dengan mengunjungi warung nasi lengko H Barno di Cirebon
Sumber :
  • istimewa

VIVA.co.id – Pertarungan di Pilkada DKI Jakarta memang membuat aktivitas calon gubernur DKI nomor urut 3 Anies Baswedan menjadi padat. Anies dan tim pemenangan bahkan melakukan sejumlah kegiatan ke Jawa Tengah, pada Selasa, 28 Maret 2017.

Anies Baswedan 16 Bulan Tak Punya Wagub, Inikah Penyebabnya?

Dalam perjalanan kunjungan ke daerah, Anies bernostalgia dengan mengunjungi warung nasi lengko H Barno, yang merupakan tempat makan favoritnya di Kota Cirebon, Jawa Barat.

Disampaikan Anies, Kota Cirebon memang terkenal memiliki banyak kuliner. Tapi, nasi lengko H Barno yang berada di Jalan Cipto, Gunungsari, Kota Cirebon, paling spesial rasanya. Campuran tahu, tempe, mentimun, dan daun seledri yang dicacah halus, sangat pas bila dimakan dengan satai kambing. Apalagi bila ditemani rintik gerimis.

Cerita Haru Saat Serah Terima Kunci Rumah DP 0 Rupiah

"Tadi saat berangkat, saya sudah pesan kalau kita makannya jangan di tol, saya ingin mampir Cirebon dan makan nasi lengko," kata Anies, di warung H Barno, Selasa malam, 28 Maret 2017.

Menurut mantan menteri pendidikan dan kebudayaan itu, menikmati nasi Lengko seolah memanggil kembali nostalgia dirinya bersama orangtua. Dulu, Anies kerap kali diajak ayah untuk menikmati nasi lengko di Cirebon ketika menuju Yogyakarta.

Anies: Biarlah Jakarta Diurus oleh Pemprov Jakarta

"Dulu sering, perjalanan dari Yogya ke Kuningan dan biasanya orangtua mengajak mampir Cirebon untuk makan nasi lengko," kata Anies.

Kini, dia seperti meneruskan tradisi itu dengan mengajak buah hatinya, Ismail Hakim untuk mencoba nasi lengko.

"Sekarang saya ajak anak mencoba nasi lengko, meskipun kami kerap masak sendiri di rumah, lebih enak kalau belinya di Cirebon," ujar Anies.

Selain Ismail, Anies juga ditemani anggota DPRD Jawa Barat Fraksi Partai Keadilan Sejahtera, Anwar Yasin dan beberapa petinggi PKS lainnya.

Nasi lengko milik H Darno yang sudah ada sejak 1962 memang sangat tersohor. Pusat warung ini berada di Jalan Bagongan 15B, Kota Cirebon. Cabang lain ada di Jalan Cipto, Gunungsari, Cirebon.

Nasi lengko adalah penganan khas wilayah Pantai Utara, Jawa Barat. Sejumlah warung sejenis mudah ditemui di Cirebon, Indramayu, Brebes, bahkan sampai Tegal, Jawa Tengah.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya