82 Ribu Kendaraan Arus Balik Malam ini 'Serbu' Jakarta

Kemacetan lalu lintas di malam hari beberapa waktu lalu.
Sumber :
  • ANTARA/Oky Lukmansyah

VIVA.co.id – PT Jasa Marga ruas tol Jakarta-Cikampek mengungkapkan peningkatan signifikan volume kendaraan dari arah selatan menuju Jakarta. Total kendaraan yang mulai memadati ruas tol, sejak Selasa, 28 Maret 2017 petang tadi mencapai 82 ribu kendaraan.

2 Bocah Main Petasan yang Memicu Kebakaran Gedung Serbaguna di Bekasi Ditangkap

"Puncak kepadatan ini akan terjadi hingga pukul 00.00, usai libur panjang perayaan Nyepi," kata juru bicara PT Jasa Marga Cabang Jakarta-Cikampek, Muhammad Icksan Kartika, kepada VIVA.co.id, Selasa 28 Maret 2017.

Icksan menambahkan, adanya kepadatan kendaraan itu dianggap meningkat 10 persen dari biasanya, yang hanya 66 ribu kendaraan melintas melalui Gerbang Tol Cikarang Utama. "Data itu diambil dari lalu lalang kendaraan di Gerbang Tol Cikarang Utama," ujarnya.

Ibu Kandung Tusuk Anaknya 20 Kali, Benturkan Kepala ke Dinding Tahanan

Untuk mengantisipasinya, kata Icksan, pihaknya sudah menambah gardu Reversible, sehingga jumlah gardu untuk menampung kendaraan yang balik ke Jakarta mencapai 25 gardu.

Namun, bila terjadi antrean panjang di Cikarang Utama, kata dia, pihak Jasa Marga akan mengalihkan ke Cikarang Barat 2. "Kami akan alihkan bila ada penumpukan kendaraan," ucapnya menambahkan..

Ini Tampang Emak-Emak Pemilik Salon Oma Bekasi yang Jual ABG jadi PSK di MiChat

Berdasarkan catatan Jasa Marga, sejak libur panjang perayaan Nyepi pada 24-26 Maret 2017, tercatat 234 ribu kendaraan telah meninggalkan Jakarta melalui Gerbang Tol (GT) Cikarang Utama Jalan Tol Jakarta-Cikampek. Jumlah kendaraan yang melintas tersebut meningkat sebesar 7,94 persen dibanding hari normal.

Sementara itu, AVP Corporate Communication PT. Jasa Marga, Dwimawan Heru menambahkan, untuk mengantisipasi kepadatan lalu lintas, pihaknya bakal membuka 21 gardu pintu keluar yang terbagi dari 17 gerbang tol reguler dan empat gerbang tol otomatis

"Kita optimalkan semuanya," kata dia. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya