Anies Heran Kenapa Ahok Tak Pakai Peci di Gambar Surat Suara

Calon Gubernur nomor urut 3, Anies Baswedan.
Sumber :
  • Raudhatul Zannah

VIVA.co.id – Pasangan calon gubernur dan calon wakil gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama dan Djarot Saiful Hidayat memperbarui foto mereka di surat suara Pilkada DKI Jakarta putaran kedua yang akan digelar pada 19 April 2017.

Sandiaga ke Pendamping Baru Anies: Jangan Baper

Dari contoh surat suara, Djarot tampak menggunakan peci berwarna hitam. Namun pasangannya, Basuki tak menggunakan peci. Masih tetap seperti surat suara pada putaran pertama tanpa menggunakan peci.

Padahal, gambar pasangan yang menggunakan peci lebih dahulu menjadi slogan dari pasangan calon nomor urut tiga, Anies-Sandi. Bahkan tagline itu sudah digaungkan sejak putaran pertama dengan ‘coblos pecinya’.

Anies Baswedan 16 Bulan Tak Punya Wagub, Inikah Penyebabnya?

Menanggapi gaya baru pesaingnya itu, Anies mengatakan, saat ini dia dan Sandi memang lagi senang ditiru oleh pesaingnya. Menurut Anies, dia dan Sandi menggunakan peci lantaran peci merupakan identitas Kebangsaan Indonesia. Bahkan hal itu sudah diketahui secara luas oleh dunia.

"Ini lagi kita senang ditiru juga dan meniru itu artinya mengakui. Dan kami pakai (peci) ini adalah lambang dari kebangsaan. Jika Anda seorang Indonesia, pakailah peci karena lambang dari kebangsaan," ujar Anies usai menghadiri deklarasi relawan KomPAS di Kelurahan Grogol Utara, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, Kamis 23 Maret 2017.

Cerita Haru Saat Serah Terima Kunci Rumah DP 0 Rupiah

Namun Anies cukup heran, peci yang merupakan lambang kebangsaan itu hanya digunakan oleh Djarot. Namun Basuki tak menggunakannya.

"Saya malah heran yang satu (Ahok) kok nggak pake ya. Kalau ini (peci) lambang kebangsaan harusnya pakai dong," ujarnya.

Anies mengaku tak khawatir dengan foto Djarot yang menggunakan peci dalam surat suara Pilkada DKI Jakarta putaran kedua. Dia menegaskan akan tetap memakai tagline "coblos pecinya".

"Kalau itu gampang, warga bisa tahu kok. Kalau kami brand-nya nggak gonta-ganti, kami yakin. Kemarin kami ditanya mau diganti enggak? (fotonya). Kami yakin enggak usah revisi. Kita tetap tampil otentik apa adanya," ujar Anies.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya