Reaksi Djarot soal Kartu Jakarta Lansia Dianggap Politis

Calon wakil gubernur DKI Djarot Saiful Hidayat
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Ade Alfath

VIVA.co.id – Sebagian orang menilai program Kartu Jakarta Lansia (KJL) yang tengah disosialisasikan Calon Wakil Gubernur DKI Jakarta petahana, Djarot Saiful Hidayat, sarat muatan politis. Muncul anggapan KJL merupakan program jualan calon petahana untuk kampanye di Pilkada DKI Jakarta 2017 putaran dua.

Ternyata Ahok Tak Pernah Pacaran, di Penjara Malah Cari Istri

Menanggapi pandangan itu, Djarot mengatakan, KJL diluncurkan untuk meningkatkan kualitas pembangunan manusia, agar setara dengan kota maju di dunia. 

Indeks Pembangunan Manusia (IPM) kota Jakarta saat ini, kata Djarot, berada di angka 78. Sementara IPM di kota-kota maju dunia berada di angka 80. 

Mantan Gubernur DKI Doakan Anies Dapat Wagub Tahun Ini

"Ini supaya Jakarta dalam dua tahun ke depan sampai angka 80 (IPM). Itu terjemahan program ini. Ini perlu uji coba saat aktif kembali," ujar Djarot di sela kunjungan di Pasar Inpres Petamburan, Jakarta Barat, Selasa, 21 Maret 2017. 

Menurutnya, Dinas Kesehatan dan Dinas Sosial menjadi leading sektor dalam program KJL. "Saat ini pendataan terus dilakukan," ujarnya. 

Djarot Saiful: Tanya Pak Anies, Butuh Wakil atau Sendiri Urusi Jakarta

Rencananya, KJL akan diterapkan pada Mei 2017. Setiap lansia dari keluarga tidak mampu akan menerima dana bantuan sebesar Rp600 ribu per bulan. Dana itu dapat dipakai untuk makanan dan minuman yang bergizi bagi lansia.

KJL akan diberikan kepada lansia yang berusia di atas 60 tahun, baik itu perempuan maupun laki-laki, yang tergolong tidak mampu. (one)

Ketua DPP PDI Perjuangan, Djarot Saiful Hidayat

Mantan Gubernur DKI‎ Jadi Plt Ketua DPD PDIP Sumut

Djarot menggantikan Japorman Saragih.

img_title
VIVA.co.id
26 Juni 2020