Anies akan Buat Sunda Kelapa Jadi Pelabuhan Heritage

Calon Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Pius Yosep Mali

VIVA.co.id – Calon Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menginginkan agar tempat-tempat bersejarah yang menjadi saksi bisu perjuangan kemerdekaan Republik Indonesia, menjadi salah satu pusat kebudayaan.

Ogah Usung Anies di Pilgub Jakarta, Gerindra: Kita Punya Jagoan Lebih Muda dan Fresh

Menurutnya, Jakarta bukanlah kota yang dibangun kemarin, melainkan Jakarta telah berjaya sejak ratusan tahun lalu. Sehingga banyak memiliki peninggalan bersejarah.

"Kami ingin agar peninggalan-peninggalan bersejarah di Jakarta itu tampak. Apalagi tadi dibilang kalau ada kapal pinisi yang hampir punah," ujar Anies di Jakarta, Minggu, 19 Maret 2017.

Anies Baswedan Direstui Maju Pilkada Jakarta, Cak Imin: PKB Belum Membahas

Ia mengatakan, itu merespons salah satu pendukung pasangan cagub nomor urut 3 ini saat melakukan blusukan di Pelabuhan Sunda kelapa.

Bagi Mansur Amin, Pelabuhan Sunda Kelapa adalah tempat paling bersejarah di Jakarta. Pelabuhan ini menjadi cikal bakal ibu kota dan merupakan benteng paling ujung yang merepresentasikan kota Sunda Kelapa.

Megawati Ajukan Diri Jadi Amicus Curiae, Anies Bilang "Situasinya Memang Amat Serius"

Namun, menurut pria yang juga Sekretaris Masjid Luar Batang itu, kondisi pelabuhan Sunda Kelapa kini luntur karena pemanfaatan pelabuhan yang komersial. Padahal, dia berharap, nantinya anak cucunya dapat terus menikmati kejayaan Jakarta lewat Pelabuhan Sunda Kelapa.

"Mohon Pak, Pelabuhan Sunda Kelapa ini dijadikan pelabuhan heritage karena sekarang sudah sangat komersial dan membuat pelabuhan penuh sejarah ini kehilangan identitasnya," ucap Mansur.

Anies berharap nantinya pihaknya bisa merawat dan menjadikan bukan hanya Pelabuhan Sunda Kelapa saja, melainkan juga seluruh tempat bersejarah lainnya di Jakarta menjadi pusat kebudayaan.

"Kami berencana merawat dan menjadikan tempat ini menjadi salah satu pusat kebudayaan, pusat tujuan wisata, sekaligus juga pusat pembelajaran bagi anak anak kita," kata Anies. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya