Polisi: Lift Blok M Square Jatuh Diduga Overload

Lokasi lift jatuh di Blok M Square.
Sumber :
  • Syaefullah SH - VIVA.co.id

VIVA.co.id – Polisi menduga jatuhnya lift di pusat perbelanjaan Blok M Square dari lantai tujuh hingga ke lantai lobi karena overload atau melebihi kapasitas.

Lift Jatuh, Pengelola Blok M Square akan Diperiksa Polisi

Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Selatan, Ajun Komisaris Besar Polisi Budi Hermanto mengatakan, dari hasil pemeriksaan saksi diketahui bahwa ketahanan lift mempunyai daya kekuatan 1.600 kilogram.

"Daya muat dan tahan dengan kapasitas 24 orang, artinya setiap orang (beratnya) 60 sampai 70 kilogram. Tapi saat ini overload ada 25 orang. Artinya, diduga karena overload," kata Budi Hermanto di lobi Blok M Square, Jakarta Selatan, Jumat, 17 Maret 2017.

Kasus 'Lift Jatuh' Bikin Jakarta Terhenyak Lagi

Untuk itu, kepolisian akan melakukan komunikasi dengan saksi ahli dan dari laboratorium mengenai kejadian jatuhnya lift tersebut.

"Dari keterangan awal, lift ini sudah berfungsi dari 2007 sehingga sudah dilakukan perawatan. Nanti kita lihat apakah ada kealpaan atau sesuatu yang tidak layak," ujarnya.

Olah TKP Lift Jatuh di Blok M Square Diulang

Menurut Budi, kejadian jatuhnya lift di Blok M Square, Jalan Melawai Jakarta Selatan terjadi usai salat Jumat sekitar pukul 13.00 WIB. Akibat kejadian itu, sebanyak 25 penumpang lift menjadi korban dan mayoritas dilarikan ke Rumah Sakit Pusat Pertamina (RSPP).

Polisi memasang garis kuning di lift yang jatuh di RS Fatmawati

Sistem Keselamatan Lift Gedung-gedung Jakarta Akan Diaudit

Terkait, jatuhnya sejumlah lift di Jakarta.

img_title
VIVA.co.id
20 Maret 2017