Spanduk Tolak Salatkan Jenazah Dicopot Agar Jakarta Aman

Warga Luar Batang copoti spanduk gelap.
Sumber :
  • Danar Dono - VIVA.co.id

VIVA.co.id – Pelaksana tugas Gubernur DKI Jakarta, Sumarsono, menyatakan Pemerintah Provinsi DKI tidak akan berhenti untuk menertibkan dan mencopot spanduk-spanduk gelap yang berisi penolakan mensalatkan jenazah warga Jakarta yang mendukung salah satu calon Gubernur DKI di Pilkada 2017.

DPR dan Pemerintah Sepakat Pilkada Jakarta Satu Putaran di RUU DKJ

Menurut Sumarsono, petugas Satpol PP merupakan garda terdepan untuk mengemban tugas mencopoti spanduk provokatif itu. Namun, untuk menghindari bentrokan dengan warga yang menolak penertiban, Pemprov DKI tak henti melakukan pendekatan persuasif.

"Kalau ada riak-riak penolakan, ya tinggal kami pendekatannya saja. Kami bisa memaklumi dan mengerti, tapi mereka juga harus mengerti bahwa kami memiliki tugas untuk jaga suasana Jakarta yang harus senantiasa aman, nyaman dan damai," kata Sumarsono di Balai Kota, Kamis,16 Maret 2017. 

Pakar: Kalau Keajaiban Pilpres Tak Terjadi, Anies akan Jadi Prioritas di Pilgub DKI

Sumarsono mengatakan, meski dalam menjalankan tugas itu, petugas Satpol PP dibantu petugas kepolisian. Tapi Satpol PP dituntut untuk bisa mendekatkan diri ke tokoh-tokoh masyarakat setempat, sebelum mencopot spanduk.

"Dalam rangka pengamanan tetap berikan backup di belakang Satpol PP. Tapi yang paling depan tetap adalah berikan pendekatan persuasif," ujarnya. 

PKS: Kans Anies Baswedan Maju Lagi di Pilgub DKI Sangat Memungkinkan

Hingga hari ini, Pemerintah Provinsi DKI telah menertibkan 393 buah spanduk provokasi yang telah diturunkan. Dengan sebaran di dua wilayah terbanyak yakni Jakarta Barat (113), Jakarta Timur (95). Sementara empat wilayah lainnya adalah Jakarta Selatan (78), Jakarta Pusat (68), Jakarta Utara (32) dan Pulau Seribu (7).

"Di sejumlah tempat sudah mulai agak sepi spanduk," ujar Sumarsono. (ase)

Menteri Desa Abdul Halim Iskandar dan Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah

Diusulkan PKB Sebagai Bakal Cagub DKI Jakarta, Ida Fauziyah: Belum Dilantik Jadi DPR Nih

Ketua DPP PKB, Ida Fauziyah menanggapi adanya rencana Partai Kebangkitan Bangsa yang mengusulkan namanya sebagai kandidat bakal calon Gubernur DKI Jakarta pada Pilkada 20

img_title
VIVA.co.id
18 Maret 2024