Pilkada Jakarta 2017

Fahira dan Bang Japar Keliling Jakarta Cegah Kecurangan

Anggota Dewan Perwakilan Daerah, Fahira Idris secara terbuka menyatakan alih dukungan ke Anies-Sandi.
Sumber :
  • Bayu Nugraha/VIVA.co.id

VIVA.co.id – Setelah melakukan kunjungan ke beberapa titik di DKI Jakarta, senator DKI Fahira Idris hari ini kembali melakukan pengawasan dengan kelompok relawan Kebangkitan Jawara dan Pengacara (Bang Japar).

Fahira Idris: Tak Ada Tempat bagi Herry Wirawan Kembali ke Masyarakat

Fahira mengaku membuat gerakan ini karena banyaknya surat masuk dari masyarakat terkait kecurangan-kecurangan di pilkada DKI Jakarta.

"Setelah putaran pertama, saya menerima 251 surat dari masyarakat, ini berkaitan dengan adanya 489 TPS yang bermasalah," ujar Fahira saat dihubungi VIVA.co.id, Selasa, 14 Maret 2017.

Fahira Idris: Ada Kekuatan Besar yang Gagalkan RUU Larangan Minol

Fahira menuturkan, dari sekian banyak kasus yang diterima, seperempatnya terjadi intimidasi kepada petugas dan kecurangan lainnya.

"Karena itu, kami ingin jadi mitra para pengawas di lapangan, seperti aparat keamanan. Ini untuk meredam kekacauan," kata dia.

Bocah di Luwu Timur Dicekoki Miras, Fahira Idris: Pelaku Biadab!

Masalah lain yang ditemukan Fahira, masih banyak yang melewati batas waktu pemilihan yang telah ditentukan.

"Kita juga minta diganti SDM yang di lapangan untuk menjaga TPS karena banyak yang tidak tegas. Di Jakarta Utara banyak yang memakai aturan sendiri, mereka bilang kertas suara habis padahal masih ada," ungkap Fahira.

Masih kata Fahira, dirinya dan Bang Japar akan mengawasi petugas yang nakal. Bang Japar  akan ditugasi mengamankan tiap TPS saat hari pencoblosan.

"Bang Japar diinisiasi sebelum Pilkada 2017 berlangsung. Salah satu yang menginisiasi gerakan Bang Japar adalah Gerakan Muslimah Memilih Pemimpin (GMMP)," kata Anggota DPD RI ini.

Sekadar informasi, Fahira dengan gerakan Bang Japar Akan melakukan pengawasan selama enam hari di empat titik setiap harinya. Diantaranya, Jakarta Utara, Jakarta Timur, Jakarta Pusat, Jakarta Barat, Jakarta Selatan dan Kepulauan Seribu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya