Djarot Imbau Jangan Gunakan Isu SARA di Putaran II

Djarot tinjau kali di jatipadang
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ikhwan Yanuar

VIVA.co.id – Calon Wakil Gubernur DKI Jakarta, Djarot Saiful Hidayat mengimbau, agar dalam putaran dua Pilkada DKI, tidak menggunakan isu suku, agama, ras, dan antar golongan, atau SARA.

SBY Sebut Kultur Politik Tanah Air Berubah Sejak Pilkada DKI 2017

Menurutnya, penggunaan SARA dalam ajang Pilkada DKI berdampak bahaya yang berujung konflik.

"Marilah, saya selalu sampaikan dalam Pilkada ini jangan bawa-bawa persoalan SARA, sangat berbahaya," kata Djarot di Jakarta Selatan, Minggu, 12 Maret 2017.

Ahok Ajak Ahokers di Sumut Pilih Djarot

Dia mengatakan, salah satu contoh daerah yang pernah terjadi konflik SARA ada di Poso, Sulawesi Tengah. Proses penyembuhan akibat konflik SARA ini cukup lama, karena yang menjadi korban adalah saudara sendiri.

"Saya selalu ingatkan, jangan dong (menggunakan SARA), apalagi memaksakan kehendak untuk sahwat kekuasaan. Sebagai warga muslim, kita itu dituntut untuk sabar, tawakal, dan berbeda boleh, tetapi jangan paksa kehendak," lanjut mantan Wali Kota Blitar tersebut.

SBY Sindir Kejanggalan Pilkada DKI 2017

Ia pun coba mengingatkan masyarakat, agar mencontoh perilaku Nabi Muhammad SAW dalam kehidupan kesehariannya.

"Saya tanya kepada kalian, Rasul itu diturunkan ke dunia untuk apa sih? Kan, untuk memperbaiki ahlak manusia. Apa yang saya terima itu kecil, enggak ada apa-apanya dibandingkan yang dicontohkan Rasul," ujarnya.

Karena itu, Djarot mengambil hikmah dari kejadian semalam dengan melakukan intropeksi diri. Ia tak ingin saling menyalahkan dari kejadian ini.

"Sebelum memperbaiki ahlak orang lain, ya perbaiki ahlak saya, ahlak kita supaya tidak saling menyalahkan," katanya.

Seperti diberitakan, Djarot Saiful Hidayat ditolak sebagian jamaah dalam peringatan ke-51 Supersemar dan haul Presiden Indonesia kedua, Soeharto di Masjid Agung At Tin, Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta Timur. Sejauh ini, belum jelas alasan penolakan massa tersebut. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya