Ada 8 Alasan Kenapa Jakarta Selalu Kebanjiran

Banjir saat menerjang Jakarta 21 Februari 2017.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ikhwan Yanuar

VIVA.co.id – Jakarta adalah salah satu kota yang tidak pernah lepas dari banjir, meski berstatus ibukota Indonesia. Banyak hal yang menjadi alasan kenapa banjir sering melanda berbagai daerah di Jakarta.

28 RT di Jakarta Terendam Banjir, Hek Kramat Jati Mulai Surut

Menurut Badan Meteorologi dan Geofisika (BMKG), cuaca hujan masih akan mengguyur Jakarta dan sekitarnya sampai Mei 2017 mendatang. Intensitas hujan juga diprediksi masih cukup tinggi, walaupun sudah lewati titik puncak.

Karena itu, warga Jakarta patut waspada terhadap bencana banjir yang bisa menimpa. Berdasarkan data Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), tercatat ada delapan alasan kenapa Jakarta selalu terkena bencana banjir.

BPBD Ungkap Data Curah Hujan Eksrem yang Sebabkan Jakarta Banjir Hari Ini

Yang menjadi faktor terbesar adalah limpasan air dari Bogor dan Depok. Debit air yang tinggi dan menghilangnya hutan membuat air langsung mengalir ke hilir.

Selain itu, menghilangnya waduk dan rawa juga menjadi salah satu alasan utama. Sampah Jakarta yang mencapai 7000 ton per hari juga tentu menimbulkan kendala tersendiri.

14 RT dan 15 Ruas Jalan di Jakarta Masih Terendam Banjir

Perubahan iklim dan cuaca ekstrem yang kerap melanda Jakarta juga menjadi faktor yang berperan penting pada tergenangnya kota berpenduduk 10 juta jiwa lebih tersebut.

Petugas gabungan memasang bronjong mencegah banjir kali hek kramat jati

Petugas Gabungan Pasang Bronjong di Tanggul Jebol Kali Hek Kramat Jati

BPBD DKI Jakarta memasang bronjong atau tumpukan batu kali di Hek kawasan Kramat Jati, Jakarta Timur untuk menangani limpasan air atau banjir di daerah itu.

img_title
VIVA.co.id
25 Maret 2024