Pemprov DKI akan Bentuk Relawan Siaga Bencana

Direktur Jenderal Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri, Sumarsono.
Sumber :
  • Eduward Ambarita

VIVA.co.id – Pemerintah Provinsi DKI akan membentuk relawan siaga bencana berbasis komunitas lokal. Hal itu guna memberikan pengetahuan, pemahaman, dan kesadaran warga terkait bencana.

Heru Budi Pastikan Pelayanan Publik Tetap Berjalan Optimal Usai Cuti Lebaran

Pelaksana Tugas Gubernur DKI Jakarta Sumarsono mengatakan, pembentukan relawan siaga bencana itu memiliki upaya yang berorientasi jangka menengah, yang secara sistematis melengkapi suatu usaha dari Pemprov DKI dalam menjalankannya.

"Teknik lainnya (dari pembentukan relawan siaga) sedang dikembangkan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD)," kata Sumarsono di Balai Kota DKI Jakarta, Kamis, 9 Maret 2017.

Pemprov DKI Tiadakan CFD Besok karena Masih Cuti Lebaran

Dari itu, Soni, sapaan akrab Sumarsono, mengungkapkan bahwa saat ini di Jakarta sedang dilakukan pemetaan dari sisi wilayah rawan bencana. Pemetaan itu dibagi menjadi tiga kawasan yang terpantau rawan, yakni tingkat satu berat, tingkat dua sedang, dan tingkat tiga ringan.

Lebih lanjut, ia mengatakan, penanganan maupun pembentukan komunitas atau relawan siaga bencana berbasis komunitas ini akan disesuaikan dengan tingkatan kerawanannya.

Pemprov Jakarta Berangkatkan 12.170 Peserta dengan 279 Bus Mudik Gratis ke 19 Daerah

Adapun prioritas pembentukan itu adalah kawasan rawan bencana. Dalam artian, kawasan tersebut setiap tahunnya merupakan langganan banjir.

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Prasetyo Edi Marsudi.

Ketua DPRD Minta Pemprov DKI Perbaiki Kualitas APBD, Singgung Permukiman Kumuh

Ketua DPRD DKI menilai RKPD tahun 2025 tidak fokus.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024