Anies Baswedan Siap Gaet Pemilih Kelas Atas

Calon Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan
Sumber :
  • ANTARA FOTO/M Agung Rajasa

VIVA.co.id – Program kerja pasangan calon Gubernur dan calon Wakil Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan dan Sandiaga Salahuddin Uno lebih banyak menyasar masyarakat kelas menengah ke bawah. Hasilnya, pada putaran pertama Anies-Sandi belum maksimal dalam menggaet pemilih menengah ke atas.

Tom Lembong Pilih Setia di Gerakan Perubahan: Saya Satu Paket dengan Anies Baswedan

Menanggapi hal itu, Anies optimis akan bisa lebih banyak lagi menggaet pemilih menengah ke atas pada Pilkada DKI Jakarta putaran kedua.

"Memang kami merasa bersyukur temuan-temuannya menunjukkan perluasan basis, dan kami yakin dengan waktu 40 hari lagi insya Allah ruang untuk lebih banyak mendapat dukungan akan bertambah," kata Anies di kediamannya kawasan Kelurahan Cilandak Barat, Cilandak, Jakarta Selatan, Rabu, 8 Maret 2017.

Anies soal Tawaran Jadi Menteri di Kabinet Prabowo: Belum Ada yang Ngajak

Anies menegaskan, akan tetap dengan strategi Jakarta maju bersama. Sehingga saat diberikan amanah untuk memimpin DKI Jakarta lima tahun ke depan, mereka tidak akan melihat kelas sosial masyarakat, sehingga semua warga DKI akan mendapatkan kesempatan yang sama untuk maju.

"Yang hari ini sudah sejahtera tetap kita dorong tetap maju lebih sejahtera, yang hari ini belum sejahtera kita siapkan kesempatan untuk bisa lebih sejahtera. Jadi kita semuanya di Jakarta merasakan kemajuan merasakan kebahagiaan," ucapnya.

Sinyal Anies Maju Pilkada DKI 2024, PKS: Kalau Memang Cocok, Why Not?

Menurutnya, dia tak akan memandang siapapun yang memilih dan tidak memilihnya jika menang pada Pilkada DKI Jakarta 2017 ini. “Porsi pemilih hari ini bukan berarti ke depan hanya memikirkan yang memilih (Kami saja), enggak. Kami akan memikirkan semuanya. Kami ingin menawarkan kepemimpinan yang mempersatukan yang memberikan kesempatan pada semua," ujarnya.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini mengakui, bahwa warga kelas menengah ke bawah merespons positif terkait rencana program kerjanya. Hal itu dikarenakan rencana program kerja itu menyentuh secara langsung dari harapan warga menengah ke bawah. "Nah warga menengah ke bawah selama ini merespons positif. Kenapa? karena merekalah yang selama ini merasakan kesempatannya terbatas. Karena itu mereka merasa ingin perubahan," ujarnya.

Sementara terkait program kerja yang bisa mempengaruhi pemilih menengah ke atas, Anies mengatakan salah satunya program kredit rumah dengan DP Rp0. "Kalau mau dapat kesempatan untuk kredit perumahan dengan nol persen pilih yang baru. Itu kelas menengah juga bisa mendapatkan, jadi tawaran kita itu bisa untuk semuanya. Bagi masyarakat yang sekarang menengah ke bawah ini baru alhamdulillah, mereka bisa sekarang. Jadi gitu kira kira contohnya ya.” (mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya