Kakak Angkatnya Ditolak Hakim Jadi Saksi, Ahok Pasrah

Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok di ruang sidang PN Jakarta Utara.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

VIVA.co.id – Kakak angkat Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, Andi Analta Amier, ditolak menjadi saksi dalam lanjutan sidang Pengadilan Negeri Jakarta Utara atas perkara penodaan agama dengan terdakwa gubernur non-aktif DKI Jakarta itu pada hari ini. Majelis hakim menolak kesaksian Andi lantaran dia sering hadir dalam persidangan.

Ada Sidang Ahok, Lalu Lintas Jalan Gajah Mada Akan Dialihkan

Melihat kakak angkatnya yang ditolak oleh hakim dan Jaksa Penuntut Umum itu, Ahok tidak bisa berkomentar banyak. Menurutnya hal itu sudah menjadi kewenangan hakim.

"Coba tanya langsung sama saksi. Jangan tanya sama saya. Itu (Analta) saksi yang ditolak," ujar Ahok di Ruang Auditorium, Kementerian Pertanian, Ragunan, Jakarta Selatan, Selasa 7 Maret 2017.

Sidang Lanjutan Cerai, Siapa Juru Damai Ahok?

Saat ditanya wartawan, Andi pun ingin sekali masalah yang menjerat Ahok segera terselesaikan. "Saya datang ke persidangan karena mau melihat dan mendampingi Ahok, bagaimana adik saya," kata Andi.

Kalau saja diperbolekan menjadi saksi, Andi mengaku akan menyampaikan sejumlah fakta yang dia ketahui.

Jaksa Pastikan Ahok akan Bersaksi di Sidang Buni Yani

Andi mengakui kasus yang menjerat Ahok ini sebenarnya sederhana. Dalam hukum positif, tuduhan penuntut umum kepada Ahok telah melakukan penodaan agama Surat Al Maidah ayat 51 itu harus dibuktikan melalui niatnya.

Menurut dia, dalam pembuktian materil, sulit mengetahui niat seseorang kecuali melihat runut peristiwa yang sesungguhnya. Dalam rekaman video Ahok di Kepulauan Seribu yang diperkarakan, bila disimak secara utuh, maka tidak ada niat Ahok untuk menistakan Surat Al Maidah ayat 51. (ren)

Basuki Tjahaja Purnama ( Ahok )

Ahok Resmi Cerai, Karma Tukang Selingkuh dan Dokter Terawan

Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) dan Veronica Tan telah resmi bercerai.

img_title
VIVA.co.id
6 April 2018