Cari Kulit Kabel, Pasukan Oranye Sisir Gorong Gelap Gatsu

Pasukan oranye dan biru membersihkan gorong-gorong di kawasan Kuningan, Jakarta.
Sumber :
  • Foe Peace - VIVA.co.id

VIVA.co.id – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta kembali mengerahkan pasukan oranye dan pasukan biru untuk masuk ke dalam gorong-gorong di sepanjang Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan, untuk mencari sampah kulit kabel.

Petugas Gabungan Pasang Bronjong di Tanggul Jebol Kali Hek Kramat Jati

Pasukan oranye dari Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) dan pasukan biru dari Suku Dinas Tata Air Walikota Jakarta Selatan, memulai pencarian kulit kabel dari depan lampu merah Kuningan hingga ke depan Gedung Lipi.

Ada sebanyak 55 petugas yang dikerahkan untuk masuk dan menyisiri gorong-gorong gelap itu. "Ada 25 anggota Tata Air dan 25 anggota PPSU dari Kelurahan Kuningan Barat. Kira-kira ada sekitar 55 anggota," kata Kepala Seksi Ekonomi, Pembangunan dan Lingkungan Hidup Kelurahan Kuningan Barat, Imam Santoso W kepada VIVA.co.id di lokasi, Senin, 6 Maret 2017.

28 RT di Jakarta Terendam Banjir, Hek Kramat Jati Mulai Surut

Pasukan oranye dan biru telah masuk ke dalam gorong-gorong sejak pukul 07.30 WIB. Dan akan terus menyisir di dalam gorong-gorong hingga pukul 10.00 WIB.

Selain mencari kulit kabel, petugas juga mengangkat sampah yang ada di dalam gorong-gorong dan mengurangi debit air yang ada di dalam saluran.

BPBD Ungkap Data Curah Hujan Eksrem yang Sebabkan Jakarta Banjir Hari Ini

"Jadi PPSU yang bertugas mengangkut material sampah di dalam. Tata air yang mengangkut endapan lumpur dan mengurangi debit air," ujarnya.

Seperti diketahui, tumpukan kulit kabel itu telah menyebabkan ruas jalan utama di Jakarta itu, dilanda banjir ketika hujan mengguyur.

Kulit kabel ditemukan pasukan oranye saat membersihkan gorong-gorong itu kemarin, Minggu 5 Maret 2017. Selain kulit kabel, ditemukan juga sampah pipa dan potongan kayu, kaleng cat hingga traffic cone.

Penemuan sampah kulit kabel ini juga sebelumnya pernah terjadi di saluran air Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, pada Maret 2016.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya