Ahok Dilaporkan ke Bawaslu

Ahok dilaporkan ke Bawaslu
Sumber :
  • VIVA/Irwandi

VIVA.co.id – Advokat Cinta Tanah Air (ACTA) melaporkan kembali Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok ke Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) atas dugaan kegiatan Ahok sebagai Kepala Pemerintah Provinsi (Pemprov) disisipkan materi untuk keuntungan sebagai pasangan calon Gubernur.

Hasto dan Ahok Sampaikan Pesan Megawati untuk Politisi Muda

Wakil Ketua Acta, Munathsir Mustaman, mengatakan bahwa peristiwa yang dilaporkan adalah pernyataan Ahok usai meninjau Velodrome, Pulomas, Jakarta Timur, Jumat lalu. Mereka mempermasalahkan kalimat berikut ini yang mereka klaim diucapkan Ahok.

Rencana saya, semua stasiun atau depo LRT, MRT, di Lebak Bulus, termasuk yang di Pulogadung, Rawa Buaya, dan Kampung Rambutan, itu semua ada harga apartemen bersubsidi dan jual tapi dengan subsidi, sehingga orang-orang kelas menengah yang mampu beli rumah di pinggiran tapi tidak mampu beli rumah di Jakarta bisa tinggal di Apartemen ini dengan harga kos.

Ruko Milik Ahok di Medan Terbakar, Tiga Orang Alami Luka Bakar

"Menurut kami kalimat tersebut jelas memenuhi pelanggaran pasal 71 ayat 3 UU nomor 10 tahun 2016 yang berbunyi, pemimpin daerah dilarang menggunakan kewenangan, program, dan kegiatan yang menguntungkan atau merugikan salah satu pasangan calon baik di daerah sendiri maupun di daerah lain dalam waktu 6 bulan, sebelum tanggal penetapan pasangan calon sampai terpilih," ujar Munathsir di Kantor Bawaslu, Senin, 27 Februari 2017.

Ahok pun diduga melakukan pelanggaran karena di dalam kegiatan resmi pemerintah menyampaikan rencana membangun apartemen harga subsidi yang tidak bisa dilaksanakan jika Ahok tidak terpilih lagi jadi Gubernur DKI.

PDIP Rayakan Imlek, Hasto Kenang saat Usung Ahok Jadi Cagub DKI

Hal tersebut, lanjut Munathsir, karena sisa jabatan Ahok hanya beberapa bulan dan tidak memungkinkan untuk membangun apartemen tersebut.

"Indikasi mengajak orang untuk memilih dirinya pun semakin kuat karena kata-kata yang digunakan sangat personal. Kata-katanya yakni "rencana saya" bukan "rencana kami" atau rencana Pemprov DKI," ujar Munathsir. 

Komut Pertamina Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok.

Ahok Sebut Pertamina Bisa Tetap Untung Bila Tak Naikkan Harga BBM 2022

Ahok berharap, subsidi BBM yang diberikan Pemerintah dievaluasi dari yang tadinya ke produk, jadi langsung ke penerima.

img_title
VIVA.co.id
11 Februari 2022