KPUD Pastikan Pilkada DKI Jakarta Berlanjut ke Putaran Dua

Hasil rekapitulasi Pilkada DKI Jakarta 2017.
Sumber :
  • Bayu Nugraha / VIVA.co.id

VIVA.co.id – Komisi Pemilihan Umum DKI Jakarta telah merampungkan rapat pleno terbuka rekapitulasi perolehan suara Pilkada DKI 2017. Dari hasil rekapitulasi tersebut, dua pasangan cagub dan cawagub yaitu Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok-Djarot Saiful Hidayat dan Anies Baswedan-Sandiaga Uno akan melanjutkan pertempuran di putaran kedua.

Isu Kaesang Maju Pilgub DKI, Demokrat Masih Lihat-lihat

"Dari hasil rekapitulasi tadi dipastikan bahwa Pilkada DKI berlanjut putaran kedua karena tadi tidak ada calon yang mendapatkan suara lebih dari 50 persen," kata Ketua KPU DKI Jakarta, Sumarno, di Hotel Grand Sahid Jaya, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Pusat, Minggu 26 Februari 2017.

Menurut dua dari hasil rekapitulasi tingkat provinsi ada beberapa catatan yang diberikan baik dari saksi paslon dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu). "Tadi ada banyak catatan diberikan saksi paslon dan Bawaslu. Semua catatan itu masuknya evaluasi serta masukan untuk perbaikan putaran kedua," ujar Sumarno.

Gerindra Tak Ngotot Usung Kader Sendiri di Pilgub Jakarta

Ia menambahkan, catatan tersebut ada beberapa hal seperti masalah SDM yaitu anggota KPPS (Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara), daftar pemilih, proses penyelenggaraan, distribusi formulir C6 dan lainnya.

"Kalau dari sisi surat suara memang di beberapa TPS kehabisan surat suara, tapi kalau kita lihat secara keseluruhan tadi sisa 1,7 juta surat suara. Jadi logistik dari KPU tidak masalah," katanya.

Pilih Anies atau Sahroni di Pilgub DKI 2024, Begini Jawaban Tak Terduga Surya Paloh

Menurutnya, memang ada beberapa TPS tertentu yang daftar pemilih tambahan membludak dan tidak terdata dalam DPT (Daftar Pemilih Tetap). "Itu memang surat suara kehabisan. Tapi secara keseluruhan surat suara kita lebih," tutur Sumarno.

Sebelumnya, berdasarkan hasil rapat pleno terbuka rekapitulasi tingkat provinsi KPU DKI Jakarta, pasangan Ahok-Djarot memperoleh 2.364.577 suara. Mereka unggul atas pasangan nomor urut 3, Anies Baswedan-Sandiaga Uno dengan perolehan suara 2. 197.333.

Sedangkan pasangan nomor urut 1, Agus Harimurti Yudhoyono-Sylviana Murni, dengan 937.955. Agus di akhir hari pencoblosan telah mengucapkan selamat berlaga di putaran dua untuk Ahok-Djarot dan Anies-Sandiaga.

Selain itu, KPU DKI juga menyampaikan bahwa total pemilih di Pilgub DKI adalah 7.356.426. Sedangkan yang menggunakan hak pilihnya sebanyak 5.564.313.

Dari hasil tersebut persentase raihan suara untuk Agus-Sylvi adalah 17,05 persen. Sedangkan Ahok-Djarot 42,99 persen dan paslon Anies-Sandi dengan 39,95 persen.

Hasil ini adalah hasil yang akan secara resmi disampaikan pada 4 Maret mendatang. "Dengan mengucapkan Bismillah hasil ini dinyatakan sah," kata Sumarno. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya