Sudah 8 Bulan, Proyek LRT Jakarta Selesai 4 Persen

Proyek pembangunan LRT
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ikhwan Yanuar

VIVA.co.id – Pembangunan proyek kereta ringan atau light rail transit (LRT) Jakarta yang menjadi tanggung jawab Pemerintah Provinsi DKI hingga saat ini sudah tuntas empat persen.

Anak Usaha Adhi Karya Bakal IPO, Cari Dana Rp1,6 Triliun Buat Ini

Demikian disampaikan Direktur Utama PT Jakarta Propertindo (Jakpro), Satya Heragandhi. Jakpro merupakan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) yang ditunjuk membangun moda transportasi yang jalur pertamanya akan menghubungkan Kelapa Gading, Jakarta Utara, dan Rawamangun, Jakarta Timur, sepanjang 5,8 kilometer itu.

"Perkembangannya sampai hari ini, konstruksi sampai Februari ini bisa diprediksikan (selesai) sampai empat persen," ujar Satya di proyek equestrian Pulo Mas, Jakarta Timur, saat mendampingi Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama, meninjau proyek-proyek terkait Asian Games 2018, Jumat, 24 Februari 2017.

Kabel Proyek LRT Sering Hilang, Polisi: Ternyata Dicuri Karyawan

Proyek LRT Jakarta, bersama equestrian dan velodrome (arena balap sepeda) sebagai prasarana Asian Games, diresmikan permulaan pengerjaannya pada 22 Juni 2016, atau delapan bulan yang lalu.

Meski baru empat persen, menurut Satya, Jakpro terhitung cepat membangun moda transportasi yang rencananya akan dihubungkan dengan moda transportasi serupa yang sedang dibangun pemerintah pusat di kawasan Cibubur (LRT Jabodetabek).

Agustus, Warga DKI Sudah Dapat Menikmati LRT

"Kita malah yakin bisa sampai 4,65 persen. Jadi bisa lebih cepat dari apa yang kita prediksikan," ujar Satya.

Satya menyampaikan, percepatan itu dicapai dalam aspek non-konstruksi. Dalam hal pengadaan rangkaian gerbong atau rolling stock, lelang telah tuntas. Perusahaan asal Korea Selatan, Hyundai Rotem, menjadi pihak yang memproduksi rolling stock yang satu rangkaiannya hanya terdiri dari dua gerbong. "Rolling stock sudah dipesan," ujar Satya.

Tahap pertama LRT Jakarta hanya terdiri dari lima stasiun, Kelapa Gading Mall, Kelapa Gading Boulevard, Pulomas, Pacuan Kuda, dan Velodrome. Jalur itu hanya sebagian dari koridor pertama LRT Jakarta yang direncanakan menghubungkan Kebayoran Lama dan Kelapa Gading. Selain itu, ada enam koridor lain yang direncanakan dibangun usai Asian Games, mencakup seluruh wilayah Jakarta. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya