Empat DPC PKB Jakarta Dukung Anies-Sandi

Kader PKB Jaksel bentuk Relawan Jakarta Bangkit dukung Anies-Sandi.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Irwandi Arsyad

VIVA.co.id - Empat Dewan Pimpinan Cabang Partai Kebangkitan Bangsa se-Jakarta telah menyatakan sikap untuk mendukung pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan dan Sandiaga Salahuddin Uno, pada Pilkada DKI Jakarta 2017, putaran kedua. Empat DPC itu yakni DPC PKB Jakarta Timur, DPC PKB Jakarta Barat, DPC PKB Jakarta Pusat dan DPC PKB Jakarta Utara.

SBY Sebut Kultur Politik Tanah Air Berubah Sejak Pilkada DKI 2017

Sementara DPC PKB Jakarta Selatan masih dalam proses pembahasan di internal DPC. Meski demikian, sejumlah fungsionaris dan kader PKB Jakarta Selatan telah terlebih dahulu menyatakan sikap dukungan ke paslon nomor urut tiga, sebelum pencoblosan putaran pertama.

"Ya, kita sudah menerima sikap (empat) DPC. Kalau di PKB itu kan mekanismenya dari bawah ke atas gitu," kata Wakil Ketua DPW PKB DKI Jakarta, Heriandi Lim, saat dihubungi VIVA.co.id, Rabu, 22 Februari 2017.

SBY Sindir Kejanggalan Pilkada DKI 2017

Dia menjelaskan, bahwa langkah DPW PKB DKI Jakarta selanjutnya akan membahas terlebih dahulu di internal melalui mekanisme partai. Dia juga menyebut akan melakukan pengecekan dan mengambil sampel lagi ke masing-masing wilayah untuk pengecekan.

"Itu sudah sikap DPC. Setelah ini kita akan membahas di level DPW kemudian kita akan turun ke bawah untuk ambil sampel untuk mengetes," katanya.

Pilpres 2019 Diharapkan Tak Seperti Pilkada DKI, Marak Hoax

Heriandi menjelaskan, sikap DPC untuk mendukung Anies-Sandi dikarenakan adanya aspirasi dari akar rumput dan konstituen PKB yang menginginkan dukungan itu untuk Anies-Sandi.

"Karena kan mereka berhubungan dengan konstituen, basis-basisnya PKB. Mereka basisnya menyatakan lebih pantas atau lebih cocok ke Anies-Sandiaga. Sebelumnya PKB dengan Sandiaga hubungannya udah dekat. Dari sebelum Pilkada. Dia orang NU juga dan kita udah pernah hubungan kerja sama dengan baik sebelum dia jadi paslon," ujarnya.

Heriandi menambahkan, bahwa keputusan akhir akan ditentukan oleh Dewan Pimpinan Pusat Partai Kebangkitan Bangsa sekitar satu atau dua minggu. Dia menegaskan partainya benar-benar ingin menjadi bagian dari pihak yang menentukan Jakarta lebih baik.

"Keputusan setelah penetapan KPU (KPU DKI). Tapi Untuk Sandiaga kita sudah, satu-satunya parpol yang deklarasi untuk Sandiaga pertama terdahulu sebelum jadi paslon dengan Anies. Jadi itu yang membuat kita dan Sandiaga dekat," katanya.

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal PKB, Abdul Kadir Karding, menyatakan bahwa partainya tengah menyerap aspirasi dari semua pihak untuk menentukan sikap dalam putaran dua Pilkada DKI. Karenanya, belum ada sikap resmi dari partai dengan basis massa warga Nahdliyin tersebut. (mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya