Alasan Warga Cipinang Melayu Enggan Mengungsi

Banjir Jakarta.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Anwar Sadat

VIVA.co.id – Sebagian korban banjir di Cipinang Melayu, Jakarta Timur, memilih tetap tinggal di rumahnya. Itu lantaran mereka yakin banjir tak akan berlangsung lama.

40 RT dan 5 Ruas Jalan Jakarta Masih Terendam Banjir

Salah satu warga, Ati (47) mengatakan, kondisi seperti ini sudah biasa dialami. Hampir setiap tahun tempat tinggalnya di RW 4, Cipinang Melayu, Jakarta Timur, terendam banjir. "Enggak apa-apa, ini bentar lagi juga surut. Saya di rumah saja," kata Ati sambil menunjuk bagian atas rumahnya.

Ati memilih tetap tinggal di rumahnya, karena mempunyai dua lantai. Selain itu, ia mengkhawatirkan harta bendanya jika ia  mengungsi. "Kalau ngungsi rumah enggak ada yang jaga. Apa lagi kalau mati lampu, gelap, takut ada maling," ujarnya.

Petugas Gabungan Pasang Bronjong di Tanggul Jebol Kali Hek Kramat Jati

Tak hanya Ati. Warga lainnya, Nawaroh (39) juga tetap tinggal di rumahnya. Ia memilih tetap di sana karena tidak betah tinggal di pengungsian. "Masih lebih enak tinggal di rumah," ujarnya.

Setelah semalaman terendam banjir, Ati dan Nawaroh mulai mengalami gatal-gatal. Namun, hal tersebut tak masalah baginya. "Ya gatal mah udah biasa, bentar juga ilang," ujar Nawaroh.
 

28 RT di Jakarta Terendam Banjir, Hek Kramat Jati Mulai Surut
Warga Duri Kepa, Kebon Jeruk, Jakarta Barat (Jakbar), terpaksa harus melakukan pencoblosan ditengah genangan air akibat banjir saat Pemilu 2024 di tempat pemungutan suara (TPS) 039.

KPU DKI Sudah Antisipasi Banjir saat Proses Pemungutan Suara Pilgub 2024

Kepala Divisi Teknis Penyelenggaraan Pemilu KPU DKI Jakarta, Dody Wijaya mengatakan pihaknya tentu berupaya mengantisipasi bencana banjir yang dapat terjadi saat proses p

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024