Pantau Banjir Cipinang, Djarot Batal ke Acara Hari Sampah

Banjir di Cipinang Melayu
Sumber :
  • Viva.co.id/Bayu Nugraha

VIVA.co.id – Wakil Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat mendatangi lokasi banjir di Jalan Cipinang Bali IV, Cipinang Muara, Jakarta Timur.

KPU DKI Sudah Antisipasi Banjir saat Proses Pemungutan Suara Pilgub 2024

Djarot yang dijadwalkan pagi ini mendatangi acara Hari Peduli Sampah Nasional di Jakarta Utara terpaksa membatalkan kegiatannya lantaran mendapat laporan banjir di sejumlah titik di Ibu Kota Jakarta.

Sebelum memantau banjir, Djarot sempat mendatangi tempat penampungan sementara yang dibuat di rumah warga yang lebih tinggi. Ia bercengkerama dengan puluhan warga dan bertanya mengenai kondisi setelah rumahnya tergenang banjir.

40 RT dan 5 Ruas Jalan Jakarta Masih Terendam Banjir

"Sudah sarapan belum ibu- ibu," kata Djarot di lokasi.

Djarot yang didamping Wali Kota Jakarta Timur Bambang Musyawardana dan Lurah Cipinang Muara Sri Hastuti langsung menyusuri lokasi yang terdampak di 3 RT di Wilayah RW 013. Ketiga wilayah tersebut meliputi RT 06, RT 07 RT 12 dengan ketinggian air mencapai sekitar 1,5 hingga 2 Meter.

Petugas Gabungan Pasang Bronjong di Tanggul Jebol Kali Hek Kramat Jati

Di Cipinang Bali, menurut salah seorang warga bernama Samidi, banjir sudah berlangsung 3 hari lalu dan sebagian air masih merendam rumah warga.

"Ini airnya sebenarnya bisa lebih parah dari banjir 2007, Kalau tidak ada BKT (Banjir Kanal Timur) mungkin lebih parah," kata Samidi

Warga lain, Andi Rusli mengatakan, meluapnya air di Kali Sunter mengakibatkan wilayah di rumah sekitarnya terendam. Debit air yang terus meninggi sejak kemarin akhirnya  membut kali itu tak mampu menampung air.

"Debit terlalu tinggi kali meluap sehingga masuk ke permukiman warga," kata Rusli.

Kawasan Cipinang Bali diketahui memang merupakan wilayah yang kerap banjir setiap memasuki musim hujan.  Warga berharap, pemerintah bisa segera menormalisasi Kali Sunter untuk mencegah banjir.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya