Ada Aksi 212, Polisi Akan Lakukan Rekayasa Lalu Lintas

Pengamanan di Gedung MPR/DPR
Sumber :
  • Irwandi Arsyad - VIVA.co.id

VIVA.co.id – Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya menyiapkan rekayasa arus lalu lintas di sekitar kawasan DPR, Senayan, Jakarta Pusat, terkait adanya rencana aksi pada Selasa 21 Februari 2017. Polisi akan melakukan pengalihan arus secara situasional dengan melihat eskalasi massa di lapangan.

Habib Rizieq Sempat Khawatir Hadir ke Reuni 212: Takut Ditangkap Lagi

"Terkait adanya rencana kelompok masyarakat yang akan menyampaikan aspirasi di gedung DPR, Jalan Gatot Subroto, dipersiapkan pengaturan lalu lintas untuk tetap mempertahankan keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas tetap dinamis dan kondusif sehingga seluruh aktivitas masyarakat tetap berjalan lancar," kata Kasubdit Pembinaan dan Penegakan Hukum (Bin Gakkum) Ditlantas Polda Metro Jaya, Ajun Komisaris Besar Polisi Budiyanto dalam keterangan tertulisnya, Senin 20 Februari 2017.

Budiyanto menjelaskan, polisi telah menyiapkan alternatif pengaturan lalu lintas di antaranya pengaturan dalam situasi normal dan alternatif ketika terjadi kepadatan di depan DPR karena adanya penumpukan massa.

Panitia Klaim Tak Ada Orasi Politik di Reuni 212: Fokus Munajat dan Salawat

"Apabila terjadi kepadatan di depan gedung DPR, arus lalu lintas yang mengarah objek (lokasi aksi) tersebut akan dikurangi atau dialihkan ke jalur alternatif," katanya.

Pengalihan arus lalu lintas tidak hanya terjadi di jalur arteri. Namun, berlaku ke ruas jalan tol dalam kota jika terjadi kepadatan. Berikut rekayasa pengalihan arus di sekitar Gedung MPR/DPR RI terkait adanya aksi 212.

Panitia Reuni 212 Tak Undang Anies Baswedan, Habib Rizieq Masih Pikir-pikir

1. Kendaraan dari arah Cawang atau timur di Jalan Gatot Subroto akan dibelokkan ke Jalan Graha Pemuda-Asia Afrika - Jalan Gelora - Palmerah - Permata Hijau dan seterusnya.

2. Arus lalu lintas dari Jalan Graha Pemuda - diputar balikan ke Graha Pemuda - Asia Afrika - Palmerah - Permata hijau dan seterusnya.

3. Arus lalu lintas dari jalan tol yang akan keluar DPR diluruskan ke Slipi Jaya.

4. Arus lalu lintas dari Jalan Jenderal Sudirman yang akan mengarah ke gedung DPR diluruskan ke arah Bundaran HI - Tanah Abang dan seterusnya.

5. Arus lalu lintas dari jalan tol yang akan keluar Farmasi atau Laksogi diluruskan keluar di off ramp Semanggi.

Selain itu, pihak kepolisian juga sudah menyiapkan beberapa kantung parkir untuk massa aksi di sekitar kawasan MPR/DPR.

"Tempat parkir dipersiapkan di Parkir Timur Senayan dan sepanjang Jalan Graha Pemuda satu lajur," kata Budiyanto.

Sebelumnya, aksi 212 jilid II akan dilaksanakan pada Selasa 21 Februari 2017 di Gedung DPR/MPR mulai pukul 07.00 pagi. Polisi mengatakan, pihaknya sudah menyiapakan pengamanan aksi yang diperkirakan berjumlah 10 ribu.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya