Massa yang Tuntut Sumarno Dipecat Bubarkan Diri

Puluhan orang menuntut pencopotan Ketua KPU DKI, Sumarno.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Yasin Fadilah.

VIVA.co.id – Massa dari Komite Masyarakat Jakarta untuk Keadilan melakukan aksi unjuk rasa di depan Gedung Badan Pengawas Pemilu dan Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilihan Umum, Jakarta Pusat, Senin, 20 Februari 2017. Unjuk rasa tersebut dilakukan untuk menuntut DKPP agar memecat Ketua Komisi Pemilihan Umum DKI Jakarta, Sumarno.

SBY Sebut Kultur Politik Tanah Air Berubah Sejak Pilkada DKI 2017

"Kami melihat dari 101 Pemilukada yang berlangsung penuh kecurangan. Bahkan, di DKI terbanyak pelanggarannya. Oleh sebab itu, kami meminta komisioner DKPP untuk memeriksa dan mengadili ketua KPU," kata Koordinator Aksi, Iwan, saat ditemui di lokasi.

Tak lama berselang, permintaan mereka untuk bertemu dengan DKPP dikabulkan. Pertemuan berlangsung selama 15 menit.

SBY Sindir Kejanggalan Pilkada DKI 2017

"Di dalam, tadi kami meminta komisioner DKPP untuk memeriksa dan mengadili Ketua KPU. Alasannya karena fasilitasnya memenuhi daerah lain, tapi kerjanya bobrok, boleh dikatakan catatan buruknya gagal. Banyak DPT yang bermasalah, banyak yang tidak bisa memilih, itu fatal dan kesalahan konstitusional," ujar Iwan.

Iwan menegaskan, apabila permintaannya tidak ditanggapi maka hal itu akan memperburuk citra DKI Jakarta di kemudian hari. Alasannya, DKI merupakan barometer Pilkada di Indonesia.

Pilpres 2019 Diharapkan Tak Seperti Pilkada DKI, Marak Hoax

"Di sekitar Jakarta 2000 lebih yang tidak memilih dan itu pelanggaran luar biasa. Makanya, kami meminta KPUD tanggung jawab, daripada diadili, mending mundur sekarang," tuturnya.

Sesuai dengan perjanjian, setelah adzan Ashar, peserta aksi akhirnya meninggalkan area depan DKPP. Terlihat mereka mulai meninggalkan area depan DKPP pukul 15.10 WIB. Mereka berjalan kaki menuju mobil yang telah disediakan.

Pantauan di lokasi, kepolisian juga berbenah dan menuju mobil barikadenya. Berlangsung selama dua jam, demo berjalan dengan tertib dan lancar tanpa sedikitpun ada kerusuhan.

Situasi Lalu Lintas

Massa KMJK itu menggelar aksi sejak pukul 13.00 WIB. Pengamanan pun dilakukan oleh aparat Polres Metro Jakarta Pusat di lokasi untuk mengawal unjuk rasa di sana.

Selain personel kepolisian, lima buah mobil penjagaan juga diturunkan di lokasi unjuk rasa. Demonstrasi di depan kantor DKPP, tepat di depan mall Sarinah dan memakan hampir setengah badan jalan.

Akibatnya, kendaraan dari arah Bundaran HI yang hendak mengarah ke Blok M mengalami kemacetan. Namun, tidak ada pengalihan arus lalu lintas saat aksi dilaksanakan.

Dalam unjuk rasa tersebut, mereka menuntut menuntut kepada DKPP, untuk bisa mencopot ketua KPUD DKI Jakarta, Sumarno dari jabatannya karena dinilai tidak menyelenggarakan Pilkada secara bersih dan demokratis. "Kami minta dipecat secara tidak hormat," ujar orator dari atas mobil komando.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya