Puluhan Orang Tuntut DKPP Copot Ketua KPU DKI Jakarta

Demonstrasi di depan Gedung Bawaslu dan DKPP, Senin, 20 Februari 2017.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Yasin Fadilah.

VIVA.co.id - Puluhan orang yang tergabung dalam Komite Masyarakat Jakarta untuk Keadilan (KMJK) menggelar aksi demonstrasi di depan Gedung Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dan Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilihan Umum (DKPP), Jakarta Pusat, Senin, 20 Februari 2017. Mereka menuntut DKPP mencopot Ketua KPU DKI Jakarta, Sumarno, dari jabatannya.

SBY Sebut Kultur Politik Tanah Air Berubah Sejak Pilkada DKI 2017

"Kami datang ke sini untuk meminta DKPP, sebagai lembaga pengawas, agar memecat Sumarno dari jabatannya. Sebab dia telah gagal menjalankan Pilkada Jakarta yang demokratis," kata salah satu orator dalam aksinya di lokasi.

Selain itu, demonstran juga meminta agar DKPP mengusut serta meminta pertanggungjawaban hukum kepada Sumarno yang tidak bekerja secara profesional. Sebab, mereka menganggap Sumarno telah berpihak kepada salah satu kandidat.

SBY Sindir Kejanggalan Pilkada DKI 2017

"Pilkada tahun ini dianggap demokratis, tapi nyatanya tidak. Masih banyak masyarakat yang tidak kebagian menyuarakan hak pilihnya, sehingga banyak yang kehabisan kertas dan tidak memilih," ujarnya.

Aksi yang berjalan mulai pukul 13.00 WIB itu tak hanya diikuti organisasi masyarakat, beberapa aliansi warga yang pada pemilihan kemarin tidak memiliki kesempatan memilih juga ikut bergabung dalam aksi ini.

Pilpres 2019 Diharapkan Tak Seperti Pilkada DKI, Marak Hoax

"Kami tidak kebagian memilih, ini curang. Mereka bilang Pilkada tahun ini partisipasi masyarakat bagus, padahal tidak, kami tidak kebagian memilih," kata warga itu.

Aksi unjuk rasa tersebut berjalan damai. Petugas gabungan juga terlihat melakukan penjagaan dalam aksi ini. Pendemo terus menyuarakan tuntutannya agar DKPP segera memecat Sumarno dari jabatannya.

"Jika aspirasi kami tidak dianggap, kami akan terus melakukan demo lanjutan agar DKI tidak dicederai hak demokrasi warganya," tegas orator lainnya.Demonstrasi di depan Gedung Bawaslu dan DKPP, Senin, 20 Februari 2017.

[Para demonstran membentangkan spanduk bergambar Ketua KPU DKI Jakarta, Sumarno. Mereka menuntut DKPP memecat Sumarno. Foto: Yasin Fadilah/VIVA.co.id].

Demonstrasi di depan Gedung Bawaslu dan DKPP, Senin, 20 Februari 2017.

[Puluhan orang menggelar demonstrasi di depan Gedung Bawaslu dan DKPP, Jakarta, Senin, 20 Februari 2017. Tampak seorang peserta tengah berorasi. Foto: Yasin Fadilah/VIVA.co.id].

(ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya