Jakarta Sudah Banjir, Ahok Baru Pantau Kali Ciliwung

Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama.
Sumber :
  • VIVA.co.id / Fajar GM

VIVA.co.id – Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama mendatangi kawasan bantaran Kali Ciliwung yang letaknya di wilayah Bukit Duri, Tebet, Jakarta Selatan, Senin, 20 Februari 2017.

Petugas Gabungan Pasang Bronjong di Tanggul Jebol Kali Hek Kramat Jati

Aliran sungai tersebut merupakan sumber luapan air yang menyebabkan banjir di kawasan Bukit Duri pada Kamis, 16 Februari 2017.

Ahok, sapaan akrab Basuki, tiba pukul 14.10 WIB. Ia segera mendatangi kawasan bantaran yang letaknya di RT 12, RW 01. Kondisi sungai sedang mengalir deras. Ketinggiannya, juga hampir mencapai permukaan tanah. Sementara tak jauh dari titik bibir sungai, rumah permanen terlihat banyak didirikan.

28 RT di Jakarta Terendam Banjir, Hek Kramat Jati Mulai Surut

Ahok menekankan normalisasi harus segera dikerjakan. Dengan demikian, ketinggian permukaan sungai tidak akan setinggi seperti yang ia saksikan.

"Makin lebar sungai, air akan makin cepat turun," ujar Ahok.

BPBD Ungkap Data Curah Hujan Eksrem yang Sebabkan Jakarta Banjir Hari Ini

Ahok didampingi sejumlah pejabat yang terkait proyek normalisasi Kali Ciliwung. Mereka antara lain, Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung - Cisadane (BBWSCC) Teuku Iskandar, Wali Kota Jakarta Selatan Tri Kurniadi, Kepala Dinas Sumber Daya Air DKI Teguh Hendarwan, Lurah Bukit Duri Mardi Youce, serta Camat Tebet Mahludin.

Para pejabat berbincang di bibir sungai. Iskandar melaporkan kelanjutan proyek normalisasi yang saat ini mencapai 40 persen. Sementara Tri, melaporkan pekerjaan pembebasan lahan yang belum tuntas.

Seperti diketahui, beberapa kawasan di Jakarta banjir dengan ketinggian yang berbeda. Pekan lalu, banjir lebih kurang satu meter menggenangi kawasan Bukit Duri. Sementara pada Minggu ini, banjir terjadi di kawasan Cipinang Melayu, Jakarta Timur.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya