Coblos Ulang di Kemayoran: Anies-Sandi Berbalik Unggul

Cagub-Cawagub DKI Jakarta Anies Baswedan-Sandiaga Uno.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Muhamad Solihin

VIVA.co.id - Proses Pemungutan Suara Ulang (PSU) di TPS 01 kelurahan Utan Panjang, Kecamatan Kemayoran, Jakarta Pusat telah selesai. Penghitungan suara juga sudah dilakukan.

SBY Sindir Kejanggalan Pilkada DKI 2017

Sebanyak 257 warga, dari 601 yang telah terdaftar di DPT telah menggunakan hak pilihnya, sedangkan sebanyak 344 wargabtidak hadir. Dari hasil pemungutan suara ulang, pasangan Anies-Sandi unggul dengan perolehan suara 134.

Posisi kedua, diduduki oleh pasangan Ahok-Djarot dengan perolehan suara 103, dan posisi 3 diduduki pasangan Agus-Sylvi dengan perolehan suara 15.

Pilpres 2019 Diharapkan Tak Seperti Pilkada DKI, Marak Hoax

Hasil ini berbeda dengan pemilihan suara 15 Februari 2017 lalu, dimana dari 601 DPT, sebanyak 442 warga yang hadir. Pada pemilihan 15 Februari 2017, pasangan Ahok-Djarot unggul dengan 198 suara. Disusul pasangan Anies-Sandi dengan perolehan 177 suara, dan diperingkat terakhir diduduki pasangan Agus-Sylvi dengan 62 suara.

Hasil tersebut disambut gembira oleh pendukung Anies-Sandi. Sebagian dari mereka bahkan meneriakkan takbir dan bersolawat mendengar hasil pemungutan suara tersebut.

Ahmad Dhani Tersangka Ujaran Kebencian?

Ketua KPU DKI Sumarno mengatakan proses pemungutan suara ulang sudah sesuai aturan dan telah berjalan lancar. Ia berharap semua pihak dapat menerima apapun hasilnya.

"Memang ini realitas, yang sekarang ini berlangsung demokrasi, langsung, terbuka danĀ  transparan. Masyarakat jadi saksi. Ketiga paslon juga kirimkan saksi dan ini saya pastikan proses pemilihan umum yang sah," ujar Sumarno.

Susilo Bambang Yudhoyono (SBY)

SBY Sebut Kultur Politik Tanah Air Berubah Sejak Pilkada DKI 2017

"Saya berani mengatakan bahwa politik kita telah berubah."

img_title
VIVA.co.id
10 November 2018