KPU DKI: Kedatangan Anies ke TPS Tidak Salahi Aturan

Anies Baswedan dan Ketua KPU DKI Jakarta Sumarno.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Putri Firdaus.

VIVA.co.id - Calon Gubernur DKI Jakarta nomor urut tiga Anies Baswedan datang ke TPS 29 Kalibata, Jakarta Selatan, Minggu, 19 Februari 2017. Anies bermaksud untuk memantau langsung jalannya pemungutan suara ulang (PSU). TPS 29 adalah satu dari dua TPS yang menggelar PSU Pilkada DKI Jakarta.

SBY Sindir Kejanggalan Pilkada DKI 2017

Ketua Komisi Pemilihan Umum DKI Jakarta Sumarno menyatakan bahwa kedatangan mantan rektor Paramadina tersebut tidak menyalahi aturan. Menurutnya, TPS merupakan tempat umum yang dapat didatangi oleh siapa pun meskipun hanya memantau.

"Itu (kedatangan Anies) tidak melanggar aturan karena TPS merupakan tempat publik. Sehingga siapa pun boleh datang, paslon atau warga sekitar," kata Sumarno.

Pilpres 2019 Diharapkan Tak Seperti Pilkada DKI, Marak Hoax

Sumarno juga sempat berbincang dengan Anies dan melihat proses pemungutan suara yang berlangsung. Anies mengatakan kedatangannya adalah untuk memastikan bahwa PSU berjalan sesuai ketentuan tanpa kecurangan.

"Bagi kita semua, setiap dukungan itu penting meskipun hanya satu dua TPS yang harus diulang, kami ingin memastikan bahwa aspirasi warga disini tidak tercederai," kata Anies.

Ahmad Dhani Tersangka Ujaran Kebencian?

Meskipun tak lama, warga yang datang tampak sangat antusias menyambut Anies. Yel-yel dukungan tak henti terdengar sejak kedatangan hingga Anies pergi meninggalkan TPS.

Susilo Bambang Yudhoyono (SBY)

SBY Sebut Kultur Politik Tanah Air Berubah Sejak Pilkada DKI 2017

"Saya berani mengatakan bahwa politik kita telah berubah."

img_title
VIVA.co.id
10 November 2018