PAN: Koalisi Agus-Sylvi Terpukul dan Butuh Waktu Tenang

Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan (tengah) dan Sekjen Eddy Suparno (kiri).
Sumber :
  • Antara Foto/ Hafidz Mubarak A.

VIVA.co.id - Ketua Umum Partai Amanat Nasional, Zulkifli Hasan, menepis kabar partai koalisi pendukung calon gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta, Agus Harimurti Yudhoyono-Sylviana Murni, terpecah. Belum ada sikap resmi partai koalisi, yakni PAN, Partai Demokrat, PPP, dan PKB untuk mendukung pasangan calon lain dalam pemungutan suara putaran kedua Pilkada Jakarta.

Pakai Sarung dan Peci, AHY Sowan ke Rais Aam PBNU

Menurut Zulkifli, semua pimpinan partai koalisi belum bertemu dan berbicara setelah Agus-Sylviana diperkirakan tak melaju pada putaran kedua Pilkada Jakarta, berdasarkan hasil penghitungan cepat sejumlah lembaga survei. Pimpinan partai perlu waktu untuk memikirkan banyak pertimbangan.

“(Pimpinan partai koalisi akan menentukan sikap dalam waktu) tiga hari-seminggulah,” kata Zulkifli dalam perbincangan dengan tvOne dalam program Apa Kabari Indonesia Pagi pada Jumat pagi, 17 Februari 2017.

Emil Dardak Bicara 'Kuda Hitam' AHY dan Nasib Demokrat pada 2024

Zulkifli menjelaskan, tidak mudah bagi partai koalisi untuk menentukan sikap mendukung pasangan calon Basuki Tjahaja Purnama-Djarot Saiful Hidayat atau Anies Baswedan-Sandiaga Uno. Dia mengibaratkan partai koalisi sebagai pihak yang kalah sehingga memerlukan waktu untuk tenang dan menentukan sikap.

“Orang kalah mestilah terpukul. Namanya kalah, perlu cooling down (tenang),” kata Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat itu.

Demokrat NTT Mulai Gaungkan AHY Jadi Calon Presiden 2024

Dia hanya memberikan gambaran umum bahwa PAN mempertimbangkan beberapa aspek, di antaranya, aspirasi konstituen dan proses hukum terhadap Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok. Pertimbangan terakhir karena Ahok sedang menjalani sidang sebagai terdakwa kasus penistaan agama.

Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menikmati malam Minggu (malming) bersama Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi di Tunjungan Plaza Surabaya, Jawa Timur, pada Sabtu malam, 20 Februari 2022.

AHY Ungkap Ternyata Wali Kota Surabaya Teman Sekelasnya Kuliah Doktor

AHY menikmati malam Minggu bersama Wali Kota Surabaya di Tunjungan Plaza Surabaya. Di sana, keduanya dan rombongan menikmatik kuliner khas Surabaya.

img_title
VIVA.co.id
21 Februari 2022