Polda Metro Evaluasi Pilkada DKI untuk Hadapi Putaran Kedua

Kapolda Metro Jaya Irjen Pol M Iriawan (kanan) dan Pangdam Jaya Mayjen Teddy Lhaksmana.
Sumber :
  • ANTARA/Widodo S. Jusuf

VIVA.co.id – Beberapa insiden kecil terjadi dalam Pilkada DKI yang diselenggarakan pada hari ini 15 Februari 2017. Insiden tersebut terjadi di sejumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) mulai dari keributan antara pengawas dengan tim pemenangan calon hingga kabar adanya warga yang tak dapat memilih lantaran surat suara habis.

Novel Bamukmin: Iwan Bule Biang Kerok Kasus Habib Rizieq

Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol M. Iriawan, mengungkapkan pihaknya akan berkomunikasi dan mengevaluasi jalannya Pilkada DKI dengan KPU DKI dan Bawaslu DKI. Hal itu dilakukan agar masalah kecil tersebut tidak terjadi lagi saat putaran kedua Pilkada DKI.

"Nanti akan kita komunikasikan kepada KPU. Jadi ada evaluasi nanti akan dianalisa agar putaran kedua tidak ada masalah seperti yang kita temukan saat ini," kata Iriawan dalam jumpa pers di Mapolda Metro Jaya, Rabu 15 Februari 2017.

Balas Serangan SBY, Moeldoko: Saya Bisa Pertanggungjawabkan

Sementara itu, Kabid Humas Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Raden Prabowo Argo Yuwono, mengatakan, meskipun melakukan evaluasi, kewenangan pelaksanaan Pilkada ada di KPU DKI dan Bawaslu DKI.

"Kita memang akan koordinasi dengan KPU dan Bawaslu DKI kira-kira nanti ada evaluasi apa kita akan bersama sama. Kalau urusan pengamanan memang kita (polisi), tapi dalam urusan pemilih dari KPU dan Bawaslu," katanya.

Iwan Bule: Kasihan Pak SBY

Untuk diketahui, Pilkada DKI Jakarta kemungkinan besar akan dilaksanakan selama dua putaran. Hal ini berpacu dari hasil hitung cepat sementara tidak ada pasangan cagub dan cawagub yang melebihi angka 50 persen lebih.

Putaran kedua akan dilaksanakan pada April 2017 dengan catatan tidak ada gugatan hasil Pilkada pada 15 Februari. Namun, jika ada gugatan maka putaran kedua dilaksanakan pada bulan Juni 2017. (ren)

Ketua DPD Golkar Jakarta, Ahmed Zaki Iskandar.

Golkar Ngotot Ajukan Kader Internal di Pilgub Jakarta 2024

Pengurus DPD Golkar Jakarta baru akan persiapkan kader internal maju.

img_title
VIVA.co.id
1 Maret 2020