Ahok Ingin Bangku Bus TransJakarta Seukuran Tubuhnya

Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Fajar Ginanjar Mukti

VIVA.co.id – Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok ingin ukuran bangku dan jarak antar bangku di bus baru TransJakarta disesuaikan dengan ukuran tubuhnya.

Ahok Sebut Pertamina Bisa Tetap Untung Bila Tak Naikkan Harga BBM 2022

Menurut Ahok, dia memiliki ukuran tubuh yang besar. Ahok mengatakan, sebuah bus TransJakarta baru, bisa dikatakan nyaman jika penumpang yang memiliki ukuran tubuh lebih besar dibanding warga Jakarta pada umumnya, bisa duduk dengan nyaman.

"Kita enggak pengen ukurannya, saya bilang, kalau saya duduk, kaki saya mentok, salah di saya. Saya mau, begitu duduk, kaki saya tidak mentok. Ini baru ukuran untuk orang nyaman," ujar Ahok di Balai Kota DKI, Selasa, 14 Februari 2017.

Hasto dan Ahok Sampaikan Pesan Megawati untuk Politisi Muda

Bus-bus baru TransJakarta sengaja diadakan dengan spesifikasi, termasuk interior, yang lebih baik dengan tujuan supaya warga Jakarta, terutama pengguna kendaraan pribadi, mau beralih menggunakan transportasi umum.

Menurut Ahok, selain ukuran bangku dan jarak antar bangku yang dibuat lebih lebar, ia juga meminta bangku berupa sofa yang empuk.

Ruko Milik Ahok di Medan Terbakar, Tiga Orang Alami Luka Bakar

"Kursi disabilitas juga, semua harus lengkap. Lantai juga enggak boleh licin walaupun ada air, kotor. Ini standar dunia," ujar Ahok.

Ahok, yakin Bus TransJakarta yang nyaman akan membuat pengguna kendaraan pribadi beralih. PT Transportasi Jakarta, juga sengaja membuat rute-rute baru yang salah satunya menghubungkan perumahan-perumahan mewah di Jakarta, seperti Pantai Indah Kapuk (PIK) dengan pusat kota Jakarta. Hal itu dinilai dapat mengurangi arus kendaraan pribadi ke pusat kota berkurang. Dengan begitu, masalah kemacetan juga teratasi.

"Saya harap orang akan berpikir untuk tidak beli mobil (karena bus TransJakarta telah nyaman). Orang kalau mau pakai mobil, mungkin dia hanya sewa pas akhir pekan atau cuma pakai taksi online," ujar Ahok.


 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya