Bawaslu DKI Terima Tiga Laporan Kampanye Hitam

Komisioner Bawaslu DKI Muhammad Jufri
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Danar Dono

VIVA.co.id – Badan Pengawas Pemilu DKI Jakarta mencatat, ada tiga lokasi kampanye hitam yang digagalkan selama masa kampanye Pilkada DKI Jakarta 2017.

DPR Gelar Uji Kelayakan Calon Anggota KPU-Bawaslu pada 14-17 Februari

"Black campaign ada tiga lokasi, satu ada di Jakarta Timur dan satu di Kelapa Gading, Jakarta Utara, 4 hari lalu. Pelakunya telah diamankan," kata Komisioner Bawaslu DKI Muhammad Jufri di Bawaslu DKI, Sunter, Jakarta Utara, Senin, 13 Februari 2017.

Temuan dua truk brosur kampanye hitam di Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Sabtu, 11 Februari 2017, merupakan temuan ketiga. Dia mengakui, dari temuan ketiga tersebut, jumlah brosur yang diamankan sangat besar.

Timsel Serahkan Daftar Nama Calon Anggota KPU dan Bawaslu ke Jokowi

"Wilayah ketiga di Jakarta Barat, itu sangat banyak, 900 ribu lembar. Masih dalam proses penanganan untuk cari otak penyebar. Namun pelakunya sudah diketahui datanya, kami akan telusuri rumahnya di mana, dan penyebarannya seperti apa," katanya.

Jufri mengatakan, dari ketiga temuan kampanye hitam tersebut, semua pasangan calon termasuk dalam target yang diserang. "Dari ketiganya ditujukan untuk paslon 1, 2 dan 3. Jadi semua paslon pernah di-black campaign-kan," katanya. 

Bawaslu Siap Bekerja Kapanpun Pemilu 2024 Digelar

Panwaslu Jakarta Barat telah memeriksa 9 orang saksi terkait temuan dua truk berisi brosur kampanye hitam tersebut. (ase)
 

Politikus PDIP Junimart Girsang .

Calon Anggota KPU-Bawaslu Wajib Tes PCR 2 Kali Sebelum Uji Kelayakan

Tes PCR kedua, kata Junimart, dilakukan menjelang uji kepatutan dan kelayakan calon anggota KPU-Bawaslu dilakukan yakni sebelum 14 Februari.

img_title
VIVA.co.id
9 Februari 2022