Massa Aksi 112 Mulai Membubarkan Diri

Massa Aksi 112 mulai membubarkan diri.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Bayu Nugraha

VIVA.co.id – Ribuan massa Aksi 112 – yang semula memadati Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat – perlahan sejak siang tadi mulai membubarkan diri. Mereka mulai bubar setelah melaksanakan salat zuhur berjamaah di Masjid terbesar se-Asia Tenggara itu.

AJI Jakarta dan IJTI Kecam Kekerasan Jurnalis di Aksi 112

Berdasarkan pantauan VIVA.co.id di lokasi, massa dari luar daerah langsung keluar dari masjid menuju lokasi parkir bus mereka. Sementara, massa yang menggunakan sepeda motor langsung meninggalkan lokasi secara beriring-iringan. 

Terlihat pula beberapa mobil komando aksi turut meninggalkan lokasi. Sepanjang jalan, mereka memutar rekaman ceramah Imam Besar Front Pembela Islam (FPI), Rizieq Shibab, melalui pengeras suara.

Kapolda Metro: Aksi 112 Aman dan Tertib

Aksi 112 ini dimulai dengan salat subuh berjamaah pagi tadi. Meski begitu, ribuan massa dari berbagai daerah sudah memadati kawasan Masjid Istiqlal sejak Jumat 10 Februari 2017 malam. 

Kegiatan selanjutnya diisi dengan doa dan zikir bersama. Kemudian diisi ceramah dan orasi keagamaan, yang disampaikan sejumlah ulama dan tokoh masyarakat. 

Jika Terpilih, Sandiaga Janji Akan Lindungi Pers

"Kami minta umat Islam untuk menahan diri. Untuk nanti selesai acara membubarkan diri dengan damai, untuk tetap berjalan pada akhlakul karimah," ucap Rizieq di akhir sambutannya.

Sementara itu, Kabid Humas Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Raden Prabowo Argo Yuwono, mengungkapkan massa yang berjumlah ribuan orang tersebut sudah perlahan meninggalkan Masjid Istiqlal.

"Sampai saat ini, massa masih mengalir meninggalkan Istiqlal menuju stasiun kereta, bus dan jalan kaki. Situasi sampai saat ini aman kondusif," katanya. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya