Pilkada DKI 2017

Apa Saja Pertanyaan Panelis di Debat III Pilkada DKI?

Pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Agus Harimurti Yudhoyono-Sylviana Murni, Basuki Tjahaja Purnama-Djarot Saiful Hidayat dan Anies Baswedan-Sandiaga Uno di debat kandidat.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

VIVA.co.id – Pasangan calon Gubernur dan calon Wakil Gubernur DKI di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI 2017, akan mendapat pertanyaan berbeda-berbeda dari panelis dalam debat Pilkada DKI ketiga alias terakhir.

Ogah Usung Anies di Pilgub Jakarta, Gerindra: Kita Punya Jagoan Lebih Muda dan Fresh

Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI, Dahlia Umar, mengatakan, pertanyaan kepada calon telah dirumuskan. Dan setiap pertanyaan akan berbeda karena KPUD menyesuaikan penyusunan pertanyaan berdasarkan visi dan misi masing-masing kandidat. 

"Jadi tidak mungkin diberikan pertanyaan yang sama," ujar Dahlia di lokasi debat, Jumat, 10 Februari 2017.

Gerindra Siapkan Kader Internal yang Potensial Menang di Pilkada Jakarta

Menurut Dahlia, diajukannya pertanyaaan yang berbeda, justru bisa membuat masyarakat menilai kedalaman pemahaman masing-masing kandidat atas visi dan misi yang mereka tawarkan.

Masyarakat selanjutnya bisa menilai apakah visi dan misi yang ditawarkan dianggap memungkinkan untuk dijalankan ketika menjabat Gubernur DKI. Hal tersebut mempengaruhi pertimbangan masyarakat untuk memilih paslon tertentu.

KPU DKI Sudah Antisipasi Banjir saat Proses Pemungutan Suara Pilgub 2024

"Pertanyaan itu berangkat dari stand point si calon mengenai isu-isu. Bisa saja panelis berangkat dari statement-statement alias ucapan (yang pernah disampaikan paslon) untuk kemudian mengonfirmasi atau meng-counter kepada calon pada saat nanti debat," ujar Dahlia.

Seperti diketahui, dalam debat III Pilkada DKI yang akan digelar malam ini, KPUD DKI mengusung tema masalah kependudukan dan peningkatan kualitas hidup masyarakat Jakarta, dengan lintas tema terkait dengan pemberdayaan perempuan, perlindungan anak, antinarkotika, dan kebijakan untuk disabilitas. Debat III Pilkada DKI akan disiarkan langsung di tvOne pukul 19.00 WIB. (one)

Anies Baswedan usai shalat jumat di Masjid Kubah Emas, Depok

Sinyal Anies Maju Pilkada DKI 2024, PKS: Kalau Memang Cocok, Why Not?

Anies Baswedan digadang-gadang bakal maju kembali pada Pilkada DKI Jakarta tahun 2024. Partai Keadilan Sejahtera (PKS) kembali buka suara soal pengusungannya kepada Anies

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024