Debat Akhir, Pengamanan Lapis Empat Tetap Diberlakukan

Ruang debat III Pilkada DKI.
Sumber :
  • Foe Peace - VIVA.co.id

VIVA.co.id –  Tak jauh berbeda dengan dua debat sebelumnya, pada debat publik ketiga Pemilihan Kepala Daerah DKI Jakarta, hari ini, Jumat, 10 Februari 2017, aparat Kepolisian kembali akan menerapkan pola pengamanan dengan empat lapis.

Tapi yang berbeda hanya pengamanan pada ring satu. Nantinya, dalam ruang debat akan menjadi prioritas lebih, karena dikhawatirkan jumlah tamu yang datang bertambah, mengingat ini debat terakhir. Ribuan personel Kepolisian akan kembali diturunkan guna menjaga jalannya debat malam ini.

"Tetap satu, dua, tiga, empat ring. Sekarang lebih dikedepankan yang pengamanan di ring satu, karena (dikhawatirkan) penuh, orang yang ikut terlalu banyak," kata Kepala Sub Bagian Hubungan Masyarakat Polres Metro Jakarta Selatan, Komisaris Polisi Purwanta saat dikonfirmasi, Jumat, 10 Februari 2017.

Sementara itu, jumlah tiap relawan pasangan calon gubernur-wakil gubernur DKI Jakarta yang diperbolehkan masuk ke ruang debat akan kembali dibatasi masing-masing 100 orang relawan. Kepolisian akan tetap melakukan pengamanan sesuai dengan standar operasional prosedur (SOP) yang ada. Anggota Brimob hingga tim Gegana Polda Metro Jaya, tetap akan diturunkan ke lokasi. "Mungkin nanti tetap diambil 100 saja," katanya.

Pengalihan Lalu Lintas

Gerindra Siapkan Kader Internal yang Potensial Menang di Pilkada Jakarta

Debat malam nanti merupakan debat terakhir dari rangakaian debat yang diselenggarakan Komisi Pemilihan Umum DKI Jakarta sebelum hari pencoblosan yang jatuh tanggal 15 Februari 2017. Karena merupakan debat pamungkas, disebut-sebut akan banyak yang ingin hadir langsung dalam kegiatan tersebut.

Mulai dari tamu undangan khusus, hingga relawan tiap pasangan calon. Hal itu tentunya bisa menimbulkan dampak ramai, hingga menyebabkan kemacetan di sekitar lokasi penyelenggaraan debat. Meski begitu, pengalihan arus lalu lintas masih akan melihat kondisi di lapangan secara situasional.

"Itu tentatif, kan malam. Kalau malam kan orang sudah masuk semua, macetnya kan sore," kata Purwanta.

Meski demikan, kata Purwanta, memang akan ada jalan yang ditutup di sekitar lokasi debat. Namun, jalan yang ditutup itu hanyalah penghujung jalan yang berada tepat di depan lokasi debat, sehingga tidak akan mengganggu arus lalu lintas di lokasi.

Selain itu, penutupan juga hanya akan dilakukan bilamana mobil-mobil tamu undangan dan tiap pasangan calon gubernur-wakil gubernur belum masuk ke area parkir. Bila mobil tamu sudah masuk ke area parkir, tentu hal tersebut tak perlu dilakukan.

"Karena di depannya banyak massa (relawan tiap pasangan calon), diujung yang mau masuk ke obyek (lokasi debat) ditutup, biar sirkulasi lalu lintas lancar. Tapi kalau sudah masuk ke parkiran (kendaraan tamu dan paslon), enggak sampai ditutup," katanya.

Seperti diketahui, Komisi Pemilihan Umum DKI Jakarta akan menggelar debat ketiga atau terakhir Pemilihan Kepala Daerah DKI Jakarta di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, 10 Februari 2017.

KPU DKI Sudah Antisipasi Banjir saat Proses Pemungutan Suara Pilgub 2024

Dalam debat ketiga itu akan mengusung tema masalah kependudukan dan peningkatan kualitas hidup masyarakat Jakarta, dengan lintas tema terkait dengan pemberdayaan perempuan, perlindungan anak, antinarkotika, dan kebijakan untuk disabilitas. (ase)
 

Wakil Ketua TKN Prabowo-Gibran, Ahmad Muzani di Media Center TKN Prabowo-Gibran, Jakarta Selatan, Kamis, 25 Januari 2024

Ogah Usung Anies di Pilgub Jakarta, Gerindra: Kita Punya Jagoan Lebih Muda dan Fresh

Sekretaris Jenderal DPP Partai Gerindra Ahmad Muzani menegaskan partainya tidak mengusung Anies Baswedan sebagai bakal calon Gubernur di Pilkada DKI Jakarta 2024. Partai

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024