Hari Pers Nasional, Plt Gubernur DKI: Lawan Anda adalah Hoax

Direktur Jenderal Otonomi Daeah Kemendagri Sumarsono.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Eduward Ambarita

VIVA.co.id – Pelaksana Tugas Gubernur DKI Jakarta Sumarsono mengungkapkan, tantangan yang dihadapi media massa pada saat ini.

Dishub DKI Bakal Tambah Kuota Mudik Gratis, Pendaftaran Akan Diumumkan Pekan Depan

Di tengah arus informasi yang begitu deras, dia mengharapkan, media arus utama (mainstream) untuk memberikan informasi yang benar dan akurat. Sebab, media yang merupakan pilar keempat demokrasi harus bisa melawan berita-berita yang berasal dari media sosial atau sumber mana pun yang dibanjiri informasi palsu atau hoax.

"Itu tantangan Anda. Lawan Anda adalah berita palsu atau hoax," kata Sumarsono di Balai Kota, Jakarta, Kamis, 9 Februari 2017.

Pemerintah DKI Jakarta Siapkan 150 Bus Cadangan Antisipasi Mudik Gratis Terlambat

Sebagai pimpinan sementara di Ibukota hampir empat bulan, Sumarsono mengungkapkan kesannya mendapat sorotan media massa sejak dilantik 26 Oktober 2016. 

Dia merasakan terjadi dinamika dalam pemberitaan, walaupun tetap dalam koridor kode etik jurnalistik. Ke depan, menurut dia, kemitraan antara media dan pemerintah dapat berjalan semakin baik agar program pembangunan dan kritik bisa memberikan manfaat bagi masyarakat. 

Pemprov DKI Gelar Mudik Gratis, Simak Cara Daftarnya dan Ini Berkas yang Harus Disiapkan

"Saya tidak minta media memuji. Tapi sampaikan informasi yang benar dan bisa mendukung program pemerintah daerah," katanya. 

Sumarsono mengadakan acara temu dengan awak media sekaligus silaturahmi mendekati masa akhir tugasnya, pada 11 Februari 2017. Dalam sambutannya dia mengucapkan terima kasih kepada seluruh wartawan, khusunya kerja sama yang selama ini terjalin terkait kapasitasnya sebagai Plt Gubernur. 

"Saya ucapkan selamat Hari Pers Nasional untuk kalian semua," ujarnya.

Hari ini, kalangan media memperingati Hari Pers Nasional yang  jatuh setiap  tanggal 9 Februari. Peringatan Hari Pers Nasional, 9 Februari 2017 digelar di Ambon, Maluku. 
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya