Dua Petinggi FPI Jadi Tersangka Dinilai Pesanan Eksekutif

Tersangka penghina Pancasila, Rizieq Shihab.
Sumber :
  • Bayu Nugraha

VIVA.co.id – Dua petinggi organisasi masyarakat Front Pembela Islam, Rizieq Shihab dan Munarman telah ditetapkan sebagai tersangka dalam dua kasus berbeda.

Munarman Resmi Bebas Murni, Ini Kilas Balik Kasusnya

Rizieq ditetapkan tersangka atas dugaan penghinaan terhadap Pancasila di Polda Jawa Barat. Sementara itu, Munarman ditetapkan tersangka atas dugaan pelecehan dan fitnah terhadap pecalang di Polda Bali. 

Menanggapi kedua kasus itu, Kapitra Ampera, pengacara Rizieq menyebut, penetapan tersangka keduanya merupakan pesanan dari eksekutif melalui tangan penegak hukum.

Munarman Bakal Temui Habib Rizieq Shihab Usai Bebas Murni dari Lapas Salemba

"Kemarin saya bilang law by order, tapi sekarang saya bilang eksekutif by order. Memakai tangan-tangan penegak hukum. Jadi law enforcement by order. Itu bahaya. Saya mengatakan eksekutif by order," kata Kapitra, Kamis, 9 Februari 2017.

Menurut Kapitra, dia tidak tahu apa maksud dari pesanan itu. Karena, selain Rizieq dan Munarman, kini Bachtiar Nasir juga dijadikan saksi dalam kasus tindak pencucian uang oleh sebuah yayasan. 

Bertopi 'Save Palestine', Eks Jubir FPI Munarman Resmi Bebas dari Lapas Salemba

"Iya makanya kenapa ini. Ini target, desain atau apa ini. Kriminalisasi atau politisasi hukum enggak mengerti dah ini. Permainan apa ini," kata Kapitra.

Selain itu, Rizieq FPI juga masih menjalani proses hukum di Polda Metro Jaya terkait beberapa kasus, seperti penghinaan terhadap agama, ujaran kebencian atau fitnah palu arit dan penyebutan Kapolda Metro Jaya berotak hansip. Saat ini, Rizieq masih berstatus saksi dalam ketiga laporan. (ase)

Eks Jubir FPI, Munarman bebas murni dari Lapas Salemba

Munarman Singgung Derita Rakyat Palestina: Akibat Teroris Israel, Laknatullah!

Mantan juru bicara Front Pembela Islam (FPI) Munarman bebas murni dari Lapas Salemba, Jakarta Pusat hari ini, Senin, 30 Oktober 2023.

img_title
VIVA.co.id
30 Oktober 2023