Sumarsono Tak Tertarik Terjun Politik

Plt Gubernur DKI Jakarta, Sumarsono.
Sumber :
  • VIVA.co.id/M. Ali. Wafa

VIVA.co.id – Pelaksana Tugas Gubernur DKI Jakarta, Sumarsono, mengaku belum memikirkan maju sebagai kepala daerah bila nanti pensiun sebagai pegawai negeri sipil.

Hadir di Rakernas Gerindra, Kemendagri Nilai Anies Tak Langgar Aturan

Bagaimana tidak, kebijakannya selama memimpin Ibu Kota, ternyata tak kalah kontroversial dibanding Basuki Tjahaja Purnama yang ia gantikan lantaran menjalani masa kampanye.

Hal itu, kemudian ditanyakan oleh awak media melihat karakter Sumarsono dalam memimpin di daerah yang kerap kali 'blusukan' layaknya kepala daerah yang maju dari partai politik. "Tergantung rekomendasi media saja," kata Sumarsono dengan nada bercanda, Rabu malam 8 Februari 2017.

Mantan Pengganti Ahok Jadi Plt Gubernur Sulsel

Masa pensiunnya  akan berakhir dua tahun lagi. Sumarsono sebetulnya sudah berada di puncak karir sebagai birokrat dengan jabatan Direktur Jenderal Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri. Salah satu tugas Dirjen Otda adalah sebagai koordianator untuk seluruh daerah di  Indonesia dalam sisi pemerintahan.

Pengalaman itu ditambah, dengan ditunjuknya sebagai pimpinan (sementara) di dua daerah yakni Sulawesi Utara dan DKI Jakarta. "Kalau Pilkada tidaklah saya kira. Itu saja.  Saya kira enggak tahu, itu panggilan saja," ujarnya.

Dirjen Otda: Penjabat Gubernur Baru Usulan Kapolri

Meski demikian, dalam jangka pendek setelah pensiun, dia akan menghabiskan waktunya di dunia akademis. Sumarsono yang juga pernah aktif di organisasi Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) ini, merasa, pimpinan-pimpinan daerah selanjutnya, lebih baik diisi oleh generasi baru yang akan menggantikan generasi pimpinan daerah saat ini.

"Saya akan kembali atau ingin mengabdikan diri di dunia pendidikan saja sebagai dosen saja," ucap dia.

Ketua STIPAN Soni Sumarsono (kanan)

Eks Plt Gubernur DKI Ingin Didik Disabilitas Jadi Birokrat Andal

Eks plt gubernur DKI Jakarta, Soni Sumarsono terpilih menjadi ketua Sekolah Tinggi Ilmu Pemerintahan Abdi Negara (STIPAN).

img_title
VIVA.co.id
31 Januari 2021