Amankan Pilkada, Polda Metro Siapkan 16 Ribu Personel

Ilustrasi Pilkada
Sumber :
  • D.A. Pitaloka (Malang)

VIVA.co.id – Polda Metro Jaya telah menyiapkan belasan ribu personel agar Pemilihan Kepala Daerah DKI Jakarta 2017 berjalan aman dan kondusif. 

Polisi Kerahkan 4.300 Pasukan Kawal Pilkada Depok dan Tangsel

"Ada 16.222 personel disiapkan mengamankan Tempat Pemungutan Suara (TPS)," kata Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Raden Prabowo Argo Yuwono kepada wartawan di Mapolda Metro Jaya, Rabu, 8 Februari 2017.

Argo menambahkan, pengamanan juga akan dibantu oleh unsur TNI, Perlindungan Masyarakat (Linmas) dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Ratusan Prajurit Kavaleri TNI Bantu Amankan Pilkada Depok

Mantan Kabid Humas Polda Jawa Timur ini mengatakan, ada sebanyak 23 ribu TPS yang diamankan Polda Metro Jaya. TPS tersebut berada di wilayah hukum Polda Metro Jaya, termasuk wilayah Tangerang Kota dan Tangerang Selatan yang menggelar Pilkada Banten. "Ada 13 ribu lebih TPS di wilayah Jakarta dan 10 ribu lebih TPS ada di wilayah Banten," katanya.

Dalam pengamanan tersebut, pihak Kepolisian mempunyai pola-pola tersendiri. Selain dari polisi, nantinya setiap TPS ada saksi dan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS).

Polri Siapkan Operasi Mantap Praja Amankan Pilkada Serentak

"Semua sudah dikoordinasikan. Jadi nanti setelah pencoblosan itu akan kita kirim ke PPK (Panitia Pemilihan Kecamatan). Kita jaga jangan sampai ada kejadian tidak diinginkan," katanya.

Pilkada DKI Jakarta akan diselenggarakan pada 15 Februari 2017.  DKI Jakarta adalah salah satu dari 101 daerah yang menyelengarakan Pilkada serentak.

Dalam Pilkada DKI akan ada tiga pasangan calon yang bertarung yakni Agus Harimurti Yudhoyono-Sylviana Murni, Basuki Tjahaja Purnama-Djarot Saiful Hidayat dan Anies Baswedan-Sandiaga Uno. (mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya