TUTUP
TUTUP
METRO

Sony Tak Persoalkan Sosialisasi Pengembang Pulau G ke Warga

Amdal boleh, tapi konstruksi fisik jangan dulu, kata Plt Gubernur DKI.
Sony Tak Persoalkan Sosialisasi Pengembang Pulau G ke Warga
Proyek Reklamasi Teluk Jakarta (ANTARA FOTO/Zabur Karuru)

VIVA.co.id – Pelaksana tugas Gubernur DKI Jakarta, Sumarsono, tak mempersoalkan kegiatan sosialisasi ke warga yang dilakukan PT.Muara Wisesa Samudra, selaku pengembang reklamasi Pulau G.

Menurut Sumarsono, sosialisasi yang digelar pada Senin malam 31 Januari 2017, hanya membahas tentang izin analisis dampak dan lingkungan (Amdal). Karena sebelumnya PT. Muara Wisesa tengah diminta pemerintah memperbaiki amdal.

Perbaikan itu sangat penting artinya bagi pengembang, sebab selama izin amdal baru belum dilaksanakan, selama itu pula sanksi administrasi untuk proyek tersebut berlaku dan proyek tak bisa dilanjutkan.

“Amdal boleh, tapi (membahas) konstruksi fisik jangan dulu. Saya kira untuk menjelaskan, jangan sampai masyarakat resistensi," kata Sumarsono di kawasan Rawamangun, Jakarta Timur, Rabu 1 Februari 2017.

Pejabat yang akrab disapa Sony itu melanjutkan, Pemprov DKI belum bisa memutuskan mengenai kelanjutan proyek 17 pulau buatan itu yang dibangun di Teluk Jakarta. Dia beralasan, proyek reklamasi ini masih dikaji oleh pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup. Kajian lain, juga menyangkut desain ulang oleh Badan Perencanaan Pembangunan Nasioanal terkait adanya proyek tanggul laut raksasa yang terintegrasi dengan proyek reklamasi. 

"Jadi tidak belum bisa ngomong ke masyarakat kelanjutannya seperti apa." ujarnya. (ren)

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP