Ahok Naik Pitam Saksi Pelapor Minta Hakim Segera Menahannya

Ahok dipersidangan PN Jakarta Utara.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/POOL/Irwan Rismawan

VIVA.co.id – Terdakwa kasus penodaan agama, Basuki 'Ahok' Tjahaja Purnama naik pitam, ketika diberikan kesempatan untuk menanggapi keterangan saksi Ibnu Baskoro.

Marak Kasus Penistaan Agama di Pakistan, Perempuan Muda Divonis Mati

Dalam sidang lanjutan di Kementerian Pertanian, Selasa 31 Januari 2017, Ahok, bahkan mengaku sangat keberatan dengan seluruh keterangan saksi pelapor yang berasal dari Cibubur, Jakarta Timur itu.

"Saudara seperti diatur, minta saya ditahan. Nanti, saya buktikan kesamaannya," kata Ahok dengan suara keras.
 
Ahok dalam kesempatan sama juga menegaskan posisinya sampai saat ini, masih sebagai Gubernur DKI Jakarta yang dipilih secara langsung oleh warga Jakarta. Itu dilontarkan Ahok, karena mendengar permintaan Ibnu kepada hakim, agar dirinya ditahan dalam perkara ini.

Ferdinand Hutahaean Tulis Surat Permohonan Maaf dari Penjara

"Saya masih jadi Gubernur Jakarta sampai hari ini, dan saudara tak bisa menahan hak konstitusi saya," kata cagub petahana itu.

Sebelumnya, di akhir keterangannya, Ibnu yang merupakan saksi pelapor, meminta majelis Hakim menahan terdakwa kasus dugaan penodaan agama. Itu dimintanya atas dasar keadilan.

Hehamahua Khawatir Ferdinand Cuma Tumbal, Rofi'i: Suudzon

"Semakin lama kasus ini berlangsung, makin besar potensi konflik horizontal yang terjadi. Ini, merupakan hal yang baru. Karena itu, saya mohon majelis langsung menahan terdakwa," kata Ibnu. Ketua Majelis hakim pun langsung meresponsnya untuk menjadi bahan pertimbangan.

Sidang sendiri ditunda hari ini dan dilanjutkan lagi pekan depan dengan agenda sama, yakni keterangan saksi-saksi  dari Jaksa Penuntut Umum. (asp)

Terdakwa kasus penistaan agama M Kace menjalani persidangan pembacaan tuntutan

M Kece Dituntut 10 Tahun Penjara

Jaksa Penuntut Umum (JPU) menuntut hukuman 10 tahun penjara untuk terdakwa M Kece terkait kasus penistaan agama.

img_title
VIVA.co.id
24 Februari 2022