Ahok Sebut Ketua Umum MUI Tak Pantas Jadi Saksi

Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok di ruang sidang PN Jakarta Utara.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/POOL/Irwan Rismawan

VIVA.co.id - Terdakwa perkara penistaan agama, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok dan kuasa hukumnya merespons jawaban Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI), Ma'ruf Amin.

M Kece Dituntut 10 Tahun Penjara

Kubu Ahok sempat bereaksi mendengar pernyataan Ma'ruf, yang membantah kabar percakapan dia dengan Presiden keenam RI, Susilo Bambang Yudhoyono. Percakapan itu terjadi sebelum Agus Harimurti Yudhoyono-Sylviana Murni menemuinya di kantor Nahdlatul Ulama (NU) pada 7 Oktober 2016.

Padahal, menurut dia, tim penasihat hukumnya mengklaim memiliki bukti tentang percakapan itu. Ahok menduga Ma'ruf memberikan keterangan palsu. "Saudara tidak pantas jadi saksi," kata Ahok dalam persidangan di Jakarta pada Selasa, 31 Januari 2017.

Ahok Sebut Pertamina Bisa Tetap Untung Bila Tak Naikkan Harga BBM 2022

Ahok menduga, Ma'ruf yang pernah menjabat Dewan Pertimbangan Presiden, menutupi diri pernah menjabat posisi itu pada masa pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Ma'ruf, kata dia, tidak mencantumkan jabatan itu dalam Berita Acara Pemeriksaan (BAP) di kepolisian. Padahal, semua jabatannya selama ini ditulis kecuali hal itu.

"Kami akan polisikan saudara saksi. Saya akan buktikan, satu per satu," ujar Ahok.

Hasto dan Ahok Sampaikan Pesan Megawati untuk Politisi Muda

Dalam kesempatan menyampaikan keberatannya atas kesaksian Ma'ruf, Ahok juga sempat menyinggung tidak diakuinya Gerakan Nasional Pengawal Fatwa (GNPF) MUI. Padahal, salah satu petinggi MUI, Bachtiar Nasir, juga anggota GNPF MUI.

Ahok mengaku kecewa karena MUI membiarkan setiap aksi GNPF MUI yang selalu menyertakan nama MUI. Padahal, MUI tergolong sebagai pedoman umat muslim di Indonesia. Ia menyayangkan sikap MUI yang terkesan membiarkan GNPF MUI saat berdemonstrasi dengan membawa atribut lembaga itu.

Logo Halal Indonesia.

MUI Kritisi Logo Halal Kemenag

Wakil Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia, Anwar Abbas angkat bicara soal sertifikasi halal yang kini dikelola oleh Badan Pengelola Jaminan Produk Halal Kemenag.

img_title
VIVA.co.id
14 Maret 2022