Pilkada DKI 2017

Janji Djarot untuk Janda-janda Jakarta

Djarot Saiful Hidayat.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ikhwan Yanuar

VIVA.co.id – Calon Wakil Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat berkunjung ke wilayah Tanjung Barat, Jakarta Selatan, untuk mengisi kampanye Pilkada DKI, Kamis, 26 Januari 2017.

Ogah Usung Anies di Pilgub Jakarta, Gerindra: Kita Punya Jagoan Lebih Muda dan Fresh

Ketika memasuki pemukiman warga, tiba-tiba seorang ibu bernama Lili menanyakan sesuatu pada Djarot. Perempuan berusia 65 tahun ini, menanyakan soal bantuan untuk para janda di Jakarta.

"Ada enggak bantuan buat janda," kata Lili, Kamis, 26 Oktober 2016.

Gerindra Siapkan Kader Internal yang Potensial Menang di Pilkada Jakarta

Mendapat pertanyaan itu, Djarot sempat terkejut dan menjawab, Pemerintah Provinsi DKI akan memiliki program bantuan untuk para janda. Tapi, tidak semua perempuan berstatus janda yang mendapatkan bantuan itu.

"Janda itu banyak, soalnya ada janda kaya, ada janda muda, janda kembang. Ini program khusus buat janda lanjut usia yang usianya di atas 60 tahun," ujarnya. 

KPU DKI Sudah Antisipasi Banjir saat Proses Pemungutan Suara Pilgub 2024

Menurut Djarot, di bidang ekonomi, pemerintah akan memberdayakan janda lanjut usia dengan cara memberikan pelatihan usaha mandiri agar mereka produktif. Pemerintah juga akan membantu pemasaran dari produk-produk yang dihasilkan. 

"Kita ada program pelatihan bikin kue, menjahit, dan juga sudah kerjasama dengan minimarket. Saya sudah bilang mereka harus terima produk di sekitarnya,"  kata Djarot. 

Sedangkan untuk program kesehatan, lanjutnya, pemerintah mempunyai Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) khusus lansia. Di tempat itu para lansia dapat mengecek kesehatan secara gratis dan rutin.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya