Rizieq Shihab Diperiksa Sebagai Saksi Terlapor

Apel pasukan jelang pemeriksaan pemimpin FPI Rizieq Shihab
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Anwar Sadat

VIVA.co.id – Aparat Kepolisian Daerah Metro Jaya akan memeriksa Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Muhamad Rizieq Shihab hari ini, Senin, 23 Januari 2017. Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Raden Prabowo Argo Yuwono mengatakan, kasus Rizieq terkait logo palu arit pada uang rupiah sudah masuk tahap penyidikan.

Top Trending: Kisah Jenderal Agus Subiyanto, Sosok Aiptu FN hingga Istri Baru Habib Rizieq
"Untuk kasus ini, sekarang sudah naik dari penyelidikan ke tingkat penyidikan," kata Argo di halaman Mapolda Metro Jaya, Senin, 23 Januari 2017
 
Habib Rizieq Menikah Lagi karena Diminta Ketujuh Anaknya
Menurut Argo, peningkatan status dari penyelidikan ke penyidikan karena telah dilengkapi sejumlah berkas penyelidikan. Rangkaian gelar perkara juga sudah dilakukan pada pekan lalu.
 
Top Trending: Istri Baru Habib Rizieq, Isi Ramalan Jayabaya hingga Nonis Diteriaki Emak-emak
"Minggu kemarin juga telah dilakukan gelar perkara, jam 10. Jadi sekarang sudah masuk penyidikan. Status (Rizieq) masih saksi terlapor," kata Argo.
 
Argo juga mengatakan, terkait pemeriksaan ini, Pihak Kepolisian telah melakukan sejumlah persiapan. Termasuk salah satunya melakukan pengamanan aksi unjuk rasa dari massa yang akan mendampingi Rizieq Shihab.
 
"Nanti kami rencanakan pengamanan itu yang pertama lokasi titik kumpul Masjid Al Azhar. Tentunya kami melakukan pengamanan di titik-titik itu," ujarnya.
 
Seperti diberitakan sebelumnya, Jaringan Intelektual Muda Anti Fitnah (JIMAF) melaporkan Rizieq atas tudingan menyebut ada gambar palu arit di duit kertas baru. Laporan tersebut terdaftar dalam nomor LP/92/1/2017/PMJ/ Ditreskrimsus tertanggal 8 Januari 2017. Rizieq dilaporkan melanggar Pasal 28 ayat (2) juncto Pasal 45 ayat (2) Undang-undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE).   
 
Pada 10 Januari 2017, sejumlah orang yang tergabung dalam organisasi Solidaritas Merah Putih (Solmet) melaporkan Rizieq Shihab ke Polda Metro Jaya. Rizieq dilaporkan terkait ceramah tentang gambar palu arit dalam uang baru yang diunggah ke Youtube.  
 
Laporan dibuat atas nama Firmansyah dan diterima oleh Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) Polda Metro Jaya dengan nomor laporan Lp/125/I/2017/PMJ/Dit.reskrimsus tertanggal 10 Januari 2017. (ase)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya