Penyebab Kebakaran Pasar Senen Belum Dipastikan

Kebakaran di Pasar Senen, Jakarta Pusat, Kamis, 19 Januari 2017.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Yudhi Mahatma

VIVA.co.id – Kepala Seksi Operasional Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, Mulyanto mengemukakan, penyebab pasti kebakaran di Blok I dan II Pasar Senen, Jakarta Pusat, belum diketahui.

Jumlah Penumpang Kereta dari dan ke Stasiun Gambir Alami Lonjakan

Hal itu lantaran hingga kini petugas masih melakukan pemadaman di beberapa titik api yang masih menyala. Akibatnya, mereka pun belum melakukan investigasi terkait penyebab kebakaran di pasar itu.

"Belum bisa menyimpulkan (penyebab kebakaran), ini (pemadaman) selesai, baru dapat lakukan investigasi," ujarnya di lokasi, Jumat, 20 Januari 2017.

Lebih Nyaman, Segini Tarif Kereta Ekonomi New Generation dan Rutenya

Namun, berdasarkan data yang diperoleh dari Pusat Data dan Informasi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta, disebutkan, dugaan sementara penyebab kebakaran besar di pasar itu yaitu korsleting listrik. Tapi, penyebab pasti kebakaran masih harus menunggu penyelidikan dari pihak pemadam kebakaran dan Pusat Laboratorium Forensik (Puslabfor) Mabes Polri.

Terkait pemadaman api di lokasi hingga Jumat sore ini, Mulyanto menjelaskan, lantai 1 dan 2 Blok I dan II pasar itu sudah dapat teratasi. Titik api masih dijumpai di lantai 3 blok I dan II.

Pedagang Pakaian Bekas di Pasar Senen Demo, Zulhas Berikan Solusi Ini

Namun, karena konstruksi lantai 3 yang sudah rapuh akibat kebakaran tersebut, petugas menjadi agak sulit menjangkau titik-titik api. "Asap masih ada, tembok panas, bangunan sudah ambruk, lebih hati-hati. Kami juga pakai air dan foam, untuk memastikan di tumpukan bahan supaya tidak ada sumber api lagi," ujarnya.

Guna memadamkan api, petugas damkar mengepung dari empat bagian gedung. Petugas disebar mulai dari sisi barat, timur, selatan, dan utara. Hingga saat ini, kepulan asap hitam masih terlihat di Pasar Senen. Petugas terus mencari titik api yang masih menyala dan memadamkannya. (art)

Ilustrasi pemudik pengguna kereta api saat pengecekan tiket di stasiun

KAI Provides 480 Free Homecoming Tickets for April 2

 Kereta Api Indonesia (KAI) is offering homecoming trips by providing 480 tickets on the Tawangjaya Premium train, economy class, from Pasarsenen to Semarang Tawang

img_title
VIVA.co.id
27 Maret 2024