Begini Suasana Lorong-lorong di Pasar Senen Pasca Terbakar

Kebakaran di Pasar Senen, Jakarta Pusat, 19 Januari 2017.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Widodo S. Jusuf

VIVA.co.id – Perihnya asap menusuk mata, ketika VIVA.co.id pada Jumat 20 Januari 2017 sore, coba memasuki lantai 2 blok I Pasar Senen, yang mengalami kebakaran hebat.

KAI Provides 480 Free Homecoming Tickets for April 2

Hawa panas pun masih sangat terasa. Tak ketinggalan, bau hangus akibat kebakaran tercium menyengat. Sesekali, asap hitam muncul dari beberapa titik di Gedung blok I dan II Pasar Senen.

Bukan tanpa alasan semua hal itu masih terasa. Sebab, hingga Jumat 20 Januari 2017 sore, api masih muncul di bangunan yang terbakar sejak Kamis 19 Januari 2017 pagi tersebut.

Jumlah Penumpang Kereta dari dan ke Stasiun Gambir Alami Lonjakan

Seisi bangunan itu hancur terpanggang tak karuan. Hampir semua kios terbakar akibat api yang melahap. Sejumlah barang terlihat berserakan di lantai-lantai gedung.

Barang-barang seperti baju, botol minuman dan sendal, terlihat bergeletakan. Air yang digunakan petugas untuk memadamkan api juga masih membasahi tiap sudut dinding dan lantai gedung itu.

Lebih Nyaman, Segini Tarif Kereta Ekonomi New Generation dan Rutenya

Selang-selang pemadam pun masih melintang di setiap lorong. Sesekali petugas pemadam kebakaran mengetuk-etuk selang, karena air sering tersumbat.

Suasana di dalam Pasar Senen setelah kebakaran

Suasana di dalam Pasar Senen pasca kebakaran. (Foto: VIVA.co.id/Foe Peace)

"Terbakar semuanya. Kios, rolling door, dinding, tangga, terbakar. Tidak ada yang utuh, semua kena dampak kebakaran. Lantai atas bahkan juga ada yang roboh," ungkap salah seorang petugas keamanan gedung Pasar Senen, Bagus JB.

Etalase sejumlah kios, bangku serta meja terlihat hancur. Begitu juga dengan lampu penerangan. Lantai dipenuhi kaca etalase dan bohlam yang pecah.

Langit-langit di lantai dua terlihat banyak yang roboh akibat api yang memanggang. Sejumlah kabel terlihat terjuntai di plafon dan dinding.

Dapat dipastikan, seluruh bagian di blok I dan II pasar itu, baik di lantai 1 hingga 4, seluruhnya hangus terpanggang api. Tak jauh berbeda dengan bagian dalam gedung, bagian luar juga menghitam.

"Tingkat terbakar 85 persen, sudah hangus. Asap masih ada, tembok panas, bangunan sudah ambruk," kata Kepala Seksi Operasional Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta, Mulyanto.

Suasana di dalam Pasar Senen setelah kebakaran

Suasana di dalam Pasar Senen usai kebakaran

Suasana di dalam Pasar Senen pasca kebakaran. (Foto: VIVA.co.id/Foe Peace)

Melihat kondisi tersebut, petugas keamanan setempat bersama dengan kepolisian menjaga lokasi itu dan membentang garis polisi, tanda orang belum boleh melintas masuk ke dalam.

Sebab, dikhawatirkan material bangunan yang terbakar bisa menimpa mereka yang coba mencari barang-barang dagangannya.

Selain itu, polisi tidak ingin lokasi kebakaran rusak, yang dapat menyulitkan polisi melakukan penyelidikan untuk mencari penyebab kebakaran.

"Takutnya TKP (Tempat Kejadian Perkara) rusak, karena sudah dimasuki. Mungkin, pemilik kios baru Senin besok diperbolehkan mengecek kiosnya," ucap Kapolsek Senen, Komisaris Polisi Indra Tarigan.

Suasana di dalam Pasar Senen setelah kebakaran

Suasana di dalam Pasar Senen pasca kebakaran. (Foto: VIVA.co.id/Foe Peace)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya